Banner

Perhatian: 5 Makanan Ini Tidak Boleh Kamu Simpan di Freezer

Perhatian: 5 Makanan Ini Tidak Boleh Kamu Simpan di Freezer
ISTOCK

Sering dilakukan oleh kita semua, menyimpan makanan di dalam kulkas, khususnya di dalam frezeer. Sebenarnya ada beberapa makanan yang kurang cocok disimpan di dalamnya. Apa sajakah itu? 

Banyak yang mengira bahwa dengan menyimpan makanan di dalam freezer bisa memperpanjang masa simpannya (alias awet). Terlebih lagi, untuk makanan yang cepat busuk, seperti ikan, es krim, daging dan produk olahan lainnya. Memang, freezer memiliki fungsi untuk menyegarkan makanan.

Dengan suhu di bawah 0 derajat celcius, freezer dipercaya bisa membunuh bakteri dan kuman, sehingga makanan akan tetap sehat meski disimpan dalam waktu lama. Tapi ternyata tidak semua makanan bisa disimpan di sana karena dapat mempengaruhi rasa dan teksturnya. Inilah makanan yang tidak boleh kamu simpan di dalam freezer:

SUSU

img

Jangan pernah lagi menaruh susu di dalam freezer. Apalagi jika kamu ingin mengolahnya dengan kue atau mencampurkannya dengan kopi. Meski tidak menimbulkan efek yang berbahaya, tekstur asli susu akan rusak dan mengurangi rasa creamy dari susu tersebut. Tidak hanya itu saja, lapisan lemak yang terdapat pada susu juga akan terpisah dengan kandungan air bila disimpan terlalu lama.

MAKANAN MENGANDUNG MINYAK

img

Makanan yang biasa digoreng dengan minyak, seperti kentang goreng, ayam goreng, nugget tidak boleh kamu simpan di freezer. Kenapa? Karena suhu dingin akan menimbulkan bunga es yang akan mencair kembali saat diletakan pada suhu ruangan. Cairan ini yang akan membuat makanan basah dan lembek sehingga kurang enak saat disajikan kembali.

TELUR

img

Sangat penting untuk diketahui bahwa menyimpan telur di dalam freezer dapat merusak kualitasnya. Sehingga membuat putih telur ikut membeku dan mengembang sehingga bisa menyebabkan cangkak telur menjadi rusak dan bakteri akan masuk. Mungkin ini yang membuat telur menjadi cepat busuk.

BUAH DAN SAYUR MENGANDUNG AIR

img

Ternyata oh ternyata, menyimpan buah dan sayur yang mengandung air di freezer tidak disarankan karena akan merusak teksturnya.

DAGING SUDAH MATANG

img

Yep, freezer menjadi ‘rumah’ untuk daging namun tidak untuk daging yang telah dimasak ya. Karena saat kamu menaruh sisa makanan yang terbuat dari daging di dalam freezer, bahan makanan lainnya akan bisa rusak. Daging matang yang sudah melewati proses pengolahan rentan terkontaminasi bakteri. Jadi, bisa saja makanan lainnya tertempel bakteri tersebut.

Selanjutnya: ibu hamil perlu tahu, hal ini bisa terjadi bila kamu yang sedang hamil makan sembarangan.