6 Cara Mulai untuk Menyiapkan Budget Pernikahan, Jika Mau Hemat

6 Cara Menyiapkan Budget Pernikahan
iStock

Bingung mau mulai dari mana dalam menyiapkan budget pernikahan? Woop punya tipsnya buat kamu.

Ketika seseorang memutuskan untuk menikah, mereka selalu mencari panduan perencanaan pernikahan yang mudah dan bermanfaat untuk memulai persiapan.

Jika kamu membuat pilihan cerdas dan meluangkan waktu untuk setiap langkah perencanaan maka kamu bisa menghemat lebih banyak biaya. 

Berikut Woop punya panduan sederhana untuk membantumu memulai menyiapkan budget pernikahan.

Inilah Cara Menyiapkan Budget Pernikahan 

Mulailah dengan bersikap realistis dan budget yang jelas

img

Ini pernikahanmu dan kamu tentu sudah tidak sabar untuk memulai persiapan! Sangat penting untuk bersikap realistis ketika merencanakan pernikahan.

Diskusikan harapan dan anggaran dengan tunanganmu. Mulailah dengan jumlah yang tetap untuk setiap pengeluaran.

Tentukan venue, catering, dan dekorasi

img

Mulai mencari tempat yang ‘sempurna’ untuk pernikahanmu. Cari tempat dengan akses luar dan dalam ruangan yang mudah untuk mengakomodasi para tamu.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu banyak tambahan perintilan lain seperti tenda atau penyekat sehingga menghemat biaya. Jangan lupa, biaya venue juga perlu diperhitungkan.

Venue akan mempengaruhi catering. Tetap berpegang pada kualitas daripada kuantitas.

Untuk dekorasi, pilih elemen sederhana seperti bunga lokal, DIY, bukan tema dekorasi mewah yang dapat mengguncang seluruh anggaran.

Buat daftar tamu Anda dengan bijak

img

Jangan ikuti gagasan ‘royal wedding’ yang mengundang semua orang. Kamu harus bisa membuat daftar tamu dengan bijak. Ini akan memengaruhi biaya makanan dan minuman.

Ada alasan mengapa orang memilih untuk pernikahan yang lebih intim, salah satunya karena untuk menghemat pengeluaran.

Rencanakan dan lakukan pemesanan diawal

img

Setelah tempat ditentukan maka setengah ‘pertempuran’ dimenangkan. Sekarang tiba langkah kedua pemesanan tempat, penata rias, fotografer pernikahan, serta hiburan.

Luangkan waktu untuk memeriksa semuanya dan jangan membuat pemesanan dekat waktu pernikahan untuk menghindari biaya tambahan.

Jangan berbelanja kebutuhan pernikahan saat ‘musim nikah’

img

Musim nikah biasa terjadi setelah Lebaran. Ketika tanggal pernikahan diputuskan jauh sebelumnya, maka kamu jangan belanja kebutuhan pernikahan saat musim nikah tiba.

Kamu bisa mencicil perlengkapannya satu per satu. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan barang yang sudah ada di rumah sebagai pelengkap pesta pernikahanmu.

Jangan berlebihan dengan undangan pernikahan

img

Dengan banyak desain undangan pernikahan yang rumit dan mewah di media sosial, wajar saja jika kamu merasakan tekanan untuk memilikinya dalam pernikahanmu.

Jangan tergoda, cobalah fokus pada anggaran yang kamu miliki. Ada beberapa cara memotong biaya undangan pernikahan; mulai dari mendesainnya sendiri, tidak melebihkan target undangan, mencetaknya sendiri, hingga membuat undangan secara digital. 

Kalau kamu, sudah sejauh mana menyiapkan budget pernikahanmu?

Selanjutnya: Duh, 80% isi otak manusia ternyata negatif. Bagaimana biar bisa berpikir lebih positif dalam menjalani hidup? Simak ulasannya di sini

Loading Facebook Comment ...