Pengen Nikah Muda? Ini 5 Tips yang Perlu Calon Pengantin Muda Ketahui!

5 Tips yang Perlu Calon Pasangan Ketahui Saat Nikah Muda
Tips Nikah Muda (pexels.com)

Ingin punya pernikahan yang awet meski nikah muda? Yuk, simak sejumlah tips yang perlu diketahui oleh para calon pengantin muda!

Menikah merupakan suatu hal yang sakral dalam suatu hubungan lantaran sifatnya yang diyakini hanya terjadi satu kali untuk selamanya. Untuk dapat menikah, sebenarnya tak terlalu ada patokan umur untuk akhirnya dapat memantapkan pilihan para calon pasangan untuk menuju ke jenjang yang lebih serius.

Meski demikian, banyak para calon pasangan muda yang kerap gagal dalam mempertahankan pernikahan tersebut. Kegagalan tersebut biasanya terjadi sebagai akibat dari kurangnya rencana yang matang untuk kehidupan bersama di kemudian hari.

Untuk menghindari perpisahan atau pernikahan yang singkat, terdapat sejumlah tips yang dapat sangat membantu para calon pengantin muda yang hendak memantapkan keputusannya untuk akhirnya terikat antara satu sama lain sebagai suami-istri.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 tips yang perlu calon pengantin muda ketahui untuk meminimalisir umur pernikahan yang singkat saat nikah muda.

5 Tips yang Perlu Dilakukan Untuk Nikah Muda

1. Bicarakan Soal Keuangan Secara Matang

Bicarakan Soal Keuangan
Bicarakan Soal Keuangan

Keuangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini, baik untuk hidup sendiri maupun ketika hidup bersama. Dalam hal ini, kegagalan sebuah pernikahan nyatanya dapat dipengaruhi oleh masalah keuangan.

Untuk itu, ketika kamu hendak memantapkan diri untuk menikah muda, maka hal yang patut kamu bicarakan dengan calon pasangan kamu adalah soal keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan bersikap terbuka terhadap penghasilan satu sama lain.

Selain itu, kamu juga harus mulai merencanakan pengeluaran yang akan kamu dan pasangan keluaran saat sudah menikah. Hal ini penting guna menghindari terjadinya utang-piutang di dalam keluarga kecil mu.

Baca juga: 4 Masalah Keuangan yang Rentan Sebabkan Perceraian

2. Argumentasi Secara Damai

Berdebat Dengan Baik
Berdebat Dengan Baik

Dalam suatu hubungan, baik sebatas pertemanan atau hubungan yang serius, tentu kamu akan dikelilingi oleh berbagai jenis perdebatan di dalamnya. Perdebatan ini bisa bersifat perdebatan yang serius maupun yang sepele.

Tak melihat sifatnya yang besar atau sepele, sebaiknya saat berargumentasi kamu menghilangkan rasa ingin untuk menang. Sebaliknya, kamu harus dapat menemukan jalan tengah bersama yang disetujui bersama terkait dengan permasalahan  yang kamu perdebatkan.

3. Jangan Menikah Kalau Ragu

Mantapkan Keputusan
Mantapkan Keputusan

Pernikahan merupakan hal yang sungguh sakral untuk dilakukan. Maka dari itu, hendaknya kamu memantapkan diri untuk akhirnya keputusan mu benar-benar bulat atas pernikahan mu tersebut.

Ketika masih ada perasaan ragu di dalam lubuk hati mu, maka kamu bisa membatalkannya atau setidaknya menundanya untuk mendapatkan keputusan yang matang agar tak merasa menyesal di kemudian hari.

Baca juga: Sikap Pasangan Berubah Setelah Menikah? Ini Penyebabnya!

4. Jangan Selingkuh

Jangan Selingkuh
Jangan Selingkuh

Perasaan bosan tentu akan menghantui tiap individu untuk beberapa saat, dan hal tersebut juga akan mendatangi mu di kala kamu telah menikah. Ketika kamu nikah muda, kamu mungkin akan merasa kurang bereksplorasi di luar sana yang mana tak menutup kemungkinan kamu akan mencari “orang” lain untuk menemani mu di kala bosan.

Hal tersebut jelas merupakan hal yang salah dan patut dihindari. Jika kamu bosan dengan pasangan mu, kamu sebaiknya jujur dan meminta waktu untuk sendiri untuk menghilangkan rasa bosan. Namun perlu dicatat, bahwa kamu tak perlu iseng mencari orang lain untuk menghilangkan rasa bosan yang kamu rasakan.

Untuk menghilangkannya, kamu bisa berpergian seorang diri untuk meningkatkan mood kamu. Dengan begitu, kamu dapat kembali ke pelukan pasangan kamu di rumah.

5. Selalu Merasa Bersyukur

Panjatkan Rasa Syukur
Panjatkan Rasa Syukur

Tak hanya dalam hubungan, nampaknya dalam kehidupan secara umum merasa bersyukur merupakan kunci untuk segalanya. Ketika kamu nikah muda, kamu harus merasa bersyukur atas semua pilihan dan hal yang menyelimuti mu.

Pandangan buruk terhadap pasangan mungkin akan muncul ketika kamu sedang kesal, namun kamu juga harus mengingat hal baik yang pasangan kamu telah lakukan untuk mu dan kamu juga harus merasa bersyukur terhadap hal baik yang dilakukan pasangan mu.

Nah, itu lah kelima tips untuk kamu yang ingin nikah muda agar umur pernikahan panjang.

Selanjutnya: Nggak semanis yang dibicarakan, benarkah nikah siri hanya akan membawa dampak negatif pada perempuan? Simak penjelasannya!