Haruskah Mencukur Rambut Bayi Setelah Melahirkan?

Haruskah Mencukur Rambut Bayi Setelah Melahirkan?
Dok. Shutterstock

Banyak yang mengharuskan bayi mereka dicukur setelah melahirkan. Apa memang jadi lebih tebal? Jawabannya tidak demikian.

Banyak orang percaya bahwa mencukur rambut anak akan membuatnya tumbuh lebih tebal dan lebat. Oleh karena itu, tidak jarang bagimu menyaksikan rambut bayi dicukur dalam upacara keagamaan (misal akikah).

Tak hanya dalam Islam, sejumlah budaya Asia seolah mewajibkan mencukur rambut bayi setelah usia tertentu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut (kebanyakan beberapa bulan setelah melahirkan). Apakah memang itu ada benarnya atau semua hanya ‘kepercayaan’ orangtua?

Dok. Shutterstock
Dok. Shutterstock

Fakta

Orangtua zaman dulu sering mencukur rambut bayi mereka dengan harapan akan tumbuh lebih tebal dan sehat dari sebelumnya. Penting untuk dipahami di sini bahwa jika kamu merasa rambut anak terlahir dengan lembut dan ringan, mungkin itu rambut vellus.

Baca: Penelitian Ini Menyimpulkan Bayi yang Mirip Ayah Lebih Sehat

Sebagian besar bayi kehilangan lapisan rambut lembut ini sekitar bulan keempat dan itu akan digantikan oleh rambut terminal (rambut dewasa). Tekstur dan volume rambut sebenarnya karena pengaruh genetika dan tidak ada hubungannya dengan pencukuran kepalanya. Jadi, bisa dikatakan mau dicukur atau tidak setelah melahirkan, rambut bayi akan mengikuti genetika orangtuanya.

Meski faktanya rambut tumbuh dari folikel dan kita semua dilahirkan dengan jumlah folikel rambut yang tetap di kepala. Tidak berarti setelah mencukur rambut bayi maka folikelnya akan bertambah atau bercabang sehingga membuatnya lebih tebal. Itu hanya ilusi semata.

Yang perlu kamu ingat, keputusan mencukur rambut bayi jelas pilihanmu dan pasangan. Apakah kamu ingin mencukur rambut si kecil atau menjaganya sepert sekarang? Ingat juga, mencukur rambut bayi akan memberikan ilusi rambut yang lebih tebal. Itu karena rambut tumbuh kembali secara lebih merata dan memiliki tepi yang tumpul.

Bagaimana keputusanmu? Tetap mencukur rambut bayi seperti saran orangtua atau tidak?

Selanjutnya: ini menteri perempuan termuda di dunia yang pecahkan rekor. Siapa dia? Cari tahu di sini jawabannya.

Loading Facebook Comment ...