12 Macam Isi Seserahan Lamaran Serta Makna yang Tersirat di Dalamnya

12 Seserahan Lamaran Serta Makna yang Tersirat
engagement mug

Bingung mau membawa apa untuk seserahan lamaran? Jangan asal bawa lho! Karena inilah isi seserahan adat Indonesia beserta maknanya.

Sebelum melangkah menuju jenjang pernikahan, biasanya pihak pria akan melamar sang wanita di hadapan orang tua pria dan juga wanita. Ini sebagai simbolis apakah pihak wanita menyetujui ajakan menikah dari pihak pria.

Ketika melamar sang wanita, pihak pria biasanya membawakan seserahan lamaran yang nantinya akan diberikan kepada sang wanita. Ini adalah simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan si wanita terebut.

Nah, apa aja sih yang harus dibawa sebagai hantaran lamaran atau seserahan?

Seserahan Lamaran

1. Seperangkat Alat Salat dan Alquran

Seperangkat Alat Salat
Seperangkat Alat Salat

Bagi pasangan muslim, peralatan salat berupa mukena, sajadah, tasbih dan Alquran tentunya wajib dalam seserahan. Semua ini melambangkan agar kedua mempelai agar selalu menegakkan tiang agama, yaitu salat. Selain itu, alat solat dan Alquran juga melambangkan pernikahan yang dilakukan harus bertumpu pada nilai agama.

2. Cincin Pernikahan

Cincin Pernikahan
Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan biasanya diberikan satu set, yaitu untuk pria dan juga untuk wanita. Benda ini sebagai wujud doa pengikat kedua pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan. Namun, biasanya untuk calon mempelai muslim, biasanya cincin untuk pria diganti dengan bahan kuningan ataupun silver.

3. Set Perhiasan

Set Perhiasan
Set Perhiasan

Perhiasan yang diberikan kepada pihak wanita biasanya berisi liontin, kalung, anting atau gelang. Perhiasan mempunyai makna agar sebagai calon istri selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Namun, tentunya hantaran ini disesuaikan dengan kemampuan masing-masing ya.

Baca Juga: Benarkah Pernikahan Bisa Membosankan Jika Tak Punya Anak?

4. Busana Wanita

Busana Wanita
Busana Wanita

Ada berbagai macam jenis busana wanita yang diberikan oleh pihak pria. Biasanya adalah pakaian kerja, pakaian pesta atau pakaian tidur. Namun, bagi adat Jawa, biasanya berupa bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik.

5. Pakaian Dalam

Pakaian Dalam
Pakaian Dalam

Seperangkat pakaian dalam wanita juga turut masuk ke dalam hantaran seserahan. Ada yang mennjadikan satu dengan busana wanita, ada juga yang diberikan terpisah. Ini sebagai bentuk harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat tersimpan dengan baik.

6. Makeup dan Skincare

Makeup dan Skincare
Makeup dan Skincare

Selain sebagai bukti bahwa nantinya si pria bisa memenuhi kebutuhan perawatan wajah wanita, ternyata makeup dan skincare yang menjadi salah satu barang bawaan seserahan juga sebagai harapan si pria agar istrinya kelak dapat menjaga penampilan di depan suamnya.

7. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi
Peralatan Mandi

Peralatan mandi yang masuk ke dalam seserahan biasanya berupa sepasang handuk, sabun, shampoo, scrub, sabun cuci muka, odol dan sikat gigi. Namun, semuanya kembali lagi ke permintaan si wanitanya.

8. Alas kaki

Alas Kaki
Alas Kaki

Sendal, sepatu kerja, sepatu pesta ataupun selop memiliki makna tersendiri. Ini agar kelak kedua pihak dapat menjalankan kehidupan bersama dengan langkah mantap, selalu beriringan dan berada di jalan yang benar.

9. Tas

Tas
Tas

Biasanya tas akan dimasukkan ke dalam bungkusan alas kaki, namun ada juga yang diberikan secara terpisah. Tas sendiri memiliki makna bahwa si pria bisa memenuhi kebutuhan istrinya nanti.

Baca Juga: Cara Mulai untuk Menyiapkan Budget Pernikahan Jika Mau Hemat

10. Daun Sirih atau Suruh Ayu

Daun Sirih atau Suruh Ayu
Daun Sirih atau Suruh Ayu

Mungkin beberapa ada yang nggak mengetahui bahwa di masa lampau, daun sirih atau suruh ayu menjadi salah satu hantaran seserahan lho. Ini sebagai simbol untuk keselamatan dan kebahagiaan kedua calon mempelai dan kehidupan yang mereka tempuh di kemudian hari.

11. Makanan Tradisional

Makanan Tradisional
Makanan Tradisional

Biasanya makanan tradisional dengan bahan beras ketan seperti jenang, lemper, jadah, kue lapis dan lainnya menjadi salah satu hantaran lamaran. Makanan tradisional ini diyakini sebagai harapan agar kedua mempelai selalu lengket sampai akhir hayat dan silaturahmi antara keuda keluarga juga bisa berlangsung sebaik-baiknya selamanya.

12. Buah-buahan

Buah-buahan
Buah-buahan

Buah-buahan menjadi simbol rezeki dan harapan agar pasangan kelak bisa menghasilkan rezeki yang melimpah yang dapat dirasakan oleh orang-orang disekitarnya pula.

Nah, itulah beberapa hantaran atau seserahan lamaran yang biasa dibawa oleh pihak laki-laki untuk diberikan kepada pihak perempuan. Namun, berbeda adat, ternyata memiliki aturan yang berbeda juga lho.

Contohnya dalam adat Jawa, jumlah hantaran yang di bawa oleh pihak pria harus berjumlah ganjil. Lalu untuk adat sunda, biasanya pihak wanita juga memberikan seserahan untuk pihak pria berupa pakaian dan perlengkapan pernikahan, serta keperluan sehari-hari untuk pasangannya.

Selanjutnya: Apa kalian sudah serius akan menikah? Kalau iya, penting buatmu para perempuan mengajukan deretan pertanyaan ini.

Loading Facebook Comment ...