7 Manfaat Yogurt Untuk Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

7 Manfaat Yogurt Untuk Tubuh yang Harus Kamu Ketahui
Manfaat Yogurt

Selain baik untuk menurunkan berat badan, ternyata yogurt juga memiliki banyak manfaat lainnya lho!

Walaupun memiliki rasa yang asam, yogurt memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan probiotik yang tinggi dan mengandung bakteri baik sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Nggak heran jika banyak orang yang akhirnya rajin mengkonsumsi yogurt.

Jika kamu nggak menyukai yogurt, mungkin beberapa manfaat yang terkandung di dalam yogurt akan merubah pikiranmu dan mulai rajin mengkonsumsi makanan yang terbuat dari fermentasi gula susu (laktosa) ini. Mau tau apa aja manfaat yogurt yang baik untuk tubuh kita? Langsung simak aja yuk!

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian, yogurt ternyata dapat menurunkan tensi darah hingga 50% jika dikonsumsi sebanyak 2-3 porsi per hari. Ini karena yogurt mengandung kalium yang dapat membilas kelibihan nutrium dalam tubuh. Natrium sendiri adalah mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah dan biasanya terkandung di dalam makanan yang mengandung garam tinggi.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat yang satu ini memang sudah nggak diragukan lagi karena yogurt sendiri memang mengandung probiotik. Kandungan probiotik, yaitu bakteri baik dapat membantu menyingkirkan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi usus sehingga pencernaan kembali lancar.

3. Membantu Sistem Saraf

Yogurt juga dapat membantu sistem saraf kamu dapat berfungsi dengan baik. Ini karena yogurt mengandung vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink.

4.  Memperkuat Sistem Imun

Memperkuat Sistem Imun
Memperkuat Sistem Imun

Kandungan yang kaya akan mineral dan gizi penting ternyata dapat meningkatkan produksi sel T, yaitu salah satu sel darah putih di dalam tubuh. Sel ini dapat bertanggung jawab untuk melawan berbagai penyakit.

5. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu boleh mengkonsumsi yogurt sebagai camilan sehat. Dengan kandungan probiotik, protein, dan kalsium yang dapat memicu produksi hormone antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Makanya, dengan mengkonsumsi yogurt, kamu bisa lebih cepat kenyang.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Yogurt juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah terjadinya osteoporosis. Ini karena yogurt mengandung kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Dan vitamin D sendiri dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

7. Memelihara Rambut

Nyatanya, yogurt juga baik loh untuk kesehatan rambutmu. Dengan kandungan kalium, kalsium, protein, dan vitamin D dapat menguatkan rambut, memelihara rambut, menghaluskan rambut, rambut bercabang, dan ketombe.

Yogurt dari Yoforia

Yogurt Yoforia
Yogurt Yoforia

Sayangnya, yogurt yang beredar di pasaran ternyata bukanlah fresh yogurt. Fresh yogurt sendiri adalah yogurt yang masih memiliki live probiotic / bakteri baik yang hidup. Ini karena kebanyakan yogurt di pasaran sudah melalui proses sehingga bakteri sudah mati dan manfaatnya malah berkurang. Tentunya sangat disayangkan dong, mengkonsumsi yogurt yang manfaatnya telah berkurang.