7 Minyak untuk Membantu Pertumbuhan Rambut

7 Minyak untuk Membantu Pertumbuhan Rambut
ISTOCK

Terbukti secara ilmiah. 

Untuk beberapa orang, menumbuhkan 1 cm rambut butuh perjuangan. Terkadang, baru saja tumbuh 0,5 cm tapi sudah harus dipotong 2 cm karena ujungnya sudah kering dan bercabang. 

Belum lagi kebiasaan-kebiasaan turun temurun yang kita lakukan dan merusak rambut: dari overdosis blow dryer sampai mengikat dan menarik rambut terlalu kencang. Padahal semakin rapuh rambut, semakin cepat kerusakan terakumulasi. Sementara untuk rambut bisa tumbuh dengan baik, helai dan kulit kepala harus sehat. Dan idealnya, penguatan rambut memang sebaiknya terjadi dari dalam tubuh, misalnya melalui pola hidup dan pola makan yang sehat.

Untuk perawatan dari luar, minyak-minyak esensial juga bisa membantu, yang mencegah rambut kusut dan bertindak sebagai lubrikan serta melindunginya dari kerusakan akibat panas. Berikut, tujuh minyak yang bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala, mencegah kerontokan, dan akhirnya... membantu pertumbuhan rambut.

#1 COCONUT OIL

Obat rambut alami ini telah digunakan selama ribun tahun dan selalu berhasil menghidrasi rambut. Berbeda dengan yang lain, minyak super serbaguna ini meresap di dalam helai-helai rambut—bukan menguap. 

Unsur yang disebut lauric acid yang terkandung di dalamnya sangat berguna untuk mencegah kehilangan protein di rambut. Jenis coconut oil terbaik yang digunakan untuk rambut adalah organic coconut oil. Pemakaiannya, taruh ke telapak tangan dan biarkan sedikit meleleh sebelum mengaplikasikannya ke rambut. Sebaiknya oleskan pada rambut kotor pada malam hari, bawa tidur, dan cuci keesokan harinya. Ingat: jangan mengoleskannya terlalu banyak di kulit kepala. 

#2 CASTOR OIL

Minyak ini memiliki kekuatan menstimulasi pertumbuhan rambut, karena mengandung antioksidan, omega-6 dan 9, vitamin E dan protein-protein yang mencegah kerusakan rambut. Selain itu, elemen anti-fungi di dalamnya juga bisa membantu kita terhindar dari infeksi kulit kepala, ketombe, dan folliculitis (yang bisa membuat rambut rontok). 

Pijat castor oil ke kulit kepala dua kali seminggu untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. 

#3 APRICOT KERNEL OIL