Begini Cara Bangun Tidur yang Benar, Kamu Sering Salah ya?

Begini Cara Bangun Tidur yang Benar, Kamu Sering Salah ya?
iStock

Tahukah kamu kalau cara bangun tidur yang benar bisa mempengaruhi kesehatan?

Ya, tak semua perempuan aware soal cara bangun tidur yang benar. Eits, tak hanya perempuan, laki-laki pun demikian.Mungkin memang jarang yang membahas cara bangun tidur yang benar, lebih sering bagaimana manfaat bisa terlelap tanpa insomnia di malam hari. 

Ketika cara bangun tidurmu sudah benar bisa mempengaruhi mood-mu sepanjang hari lho.Saat kamu menjadi pemarah atau badmood hari itu tanpa sebab ada kemungkinan karena kamu bangun dengan posisi yang salah. Kamu sering ya?

Tak hanya itu, bangun tidur pada posisi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan sakit leher atau nyeri punggung. Makanya, Woop punya tips buat kamu bagaimana cara bangun tidur yang benar.

  • Cara bangun tidur dari sisi kanan

img

Ilmu pengetahuan modern menyarankan untuk bangun tidur dari sisi kanan tubuh kita. Balikkan tubuh menghadap ke kanan saat bangun tidur. Dekatkan lutut ke arah dada dan tangan kanan di bawah bantal. Lalu bantu tubuh bangkit secara perlahan.

Berdasarkan sains, bangun tidur dari sisi kanan bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan serta dipercaya membuat harimu lebih bersemangat. Bahkan peneliti lainnya menyebut kalau bangun tidur dari sisi kanan bisa menghilangkan stres.

  • Bangun tidur secara perlahan

img

Meski kamu terlambat ke kantor karena bangun kesiangan namun jangan buru-buru bangkit. Bangun tidur harus secara perlahan agar tidak menyebabkan sakit punggung atau hal lainnya. Kamu bisa merilekskan diri sejenak dengan melakukan peregangan seperti menggerakkan tubuh ke kiri dan kanan agar bisa bangun tidur secara perlahan.

  • Selalu gunakan kedua tangan untuk bangun

img

Jangan langsung melompat ketika bangun kesiangan. Atau kamu lebih sering menggunakan otot perut untuk bangun tidur? Kamu disarankan untuk selalu memakai kedua tangan saat bangun dari tempat tidur. Gunakan kedua tangan untuk mendorong dirimu dalam posisi duduk. Langkah ini bisa mencegah kamu mengalami tekanan pada leher maupun punggung.

  • Jangan Langsung Berdiri

img

Sering melakukan ini di pagi hari? Duh, hati-hati mengalami masalah kesehatan. Luangkan waktu sejenak untuk membuka mata, bersantai, sebelum akhirnya benar-benar beranjak bangun dari tempat tidur. 

Selanjutnya: Ketika kamu sudah mengerti cara bangun tidur yang benar, coba amati apa kamu belakangan suka mimpi buruk. Ternyata mimpi buruk bisa pertanda kamu memiliki masalah kesehatan mental. Bagaimana bisa? Bacadi siniya…

Loading Facebook Comment ...