Hanya 20 Menit, Cara Ampuh Atasi Stres Menurut Sains

Hanya 20 Menit, Cara Ampuh Atasi Stres Menurut Sains
iStock
Hanya 20 Menit, Cara Ampuh Atasi Stres Menurut Sains

Sering merasa stres di tempat kerja? Coba lakukan hal ini yang menurut sains ampuh atasi stres.?

Banyak orang stres karena pekerjaan. Apa kamu salah satunya? Bahkan di Amerika Serikat, 54% pekerja mengaku stres karena bekerja di bawah tekanan. Ini merupakan hasil survei di 2018 dari LinkedIn.

Stres sering dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, asma, obesitas, dan diabetes. Bahkan beberapa orang berusaha untuk meredakan stres mereka dengan ‘menghancurkan’ diri sendiri seperti memakai ganja yang diklaim memiliki efek menenangkan, narkoba, mengonsumsi minuman keras, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada cara termudah dan tercepat untuk mengurangi stres. Cara yang satu ini juga bisa gratis dan bisa dilakukan semua orang. Hal ini sudah diuji secara ilmiah lho. Cara ampuh apakah yang dimaksud?

img

Hanya butuh waktu 20 menit ‘kontak’ dengan alam secara signifikan bisa menurunkan kadar hormon stres. Ini telah diteliti dari sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology.

Dalam penelitian, peserta diminta untuk mengambil ‘nature pill’ atau menghabiskan waktu di alam selama 10 menit atau lebih. Hal tersebut setidaknya dilakukan tiga kali seminggu selama masa penelitian sekitar delapan minggu.

Para peserta bisa duduk, berjalan, atau melakukan keduanya di lokasi terbuka yang mereka. Selama waktu menikmati alam (yang diharuskan terjadi pada siang hari), mereka tidak diperbolehkan berolahraga aerobik, berselancar di media sosial, internet, menerima panggilan telepon, chatting, atau membaca. Para peneliti mengukur kadar hormon stres kortisol sebelum dan sesudah mereka mengambil ‘nature pill’ setiap dua minggu sekali.

Para peneliti menemukan bahwa hanya 20 menit berdekatan dengan alam cukup secara signifikan mengurangi kadar kortisol pada peserta. Adapun peserta yang menghabiskan lebih banyak waktu sekitar 20 hingga 30 menit di alam mengakibatkan kadar kortisol turun pada tingkat terbesarnya. Kalau waktunya lebih lama dari itu bisa mengurangi stres lebih banyak namun pada tingkat yang lebih lambat.

"Praktisi kesehatan dapat menggunakan hasil kami sebagai aturan praktis berbasis bukti tentang apa yang harus dimasukkan dalam resep ‘nature pill’,” kata Dr. Mary Carol Hunter, profesor di Universitas Michigan dan penulis utama penelitian. 

img

“Ini memberikan perkiraan pertama tentang bagaimana alam sangat memengaruhi dampak terhadap tingkat stres dalam konteks kehidupan sehari-hari yang normal,” tambahnya.

Saat sedang stres, kamu bisa pergi untuk staycation sejenak ke alam. Jika tidak punya waktu banyak, kamu bisa mencari taman atau bukit terdekat dari tempat tinggalmu dan nikmati ‘kemesraanmu’ dengan alam. Percayalah, hal kecil yang dilakukan bisa berdampak besar dalam hidupmu.

Selanjutnya: karyawan yang kurang tidur dampaknya bisa membuat perusahaan menjadi rugi lho. Kok bisa ya? Cari tahu alasannya di sini...