Banner

Kamu Harus Tahu--Apa itu Porositas Rambut?

Kamu Harus Tahu--Apa itu Porositas Rambut?
SHUTTERSTOCK

Pernah mendengar tentang porositas rambut? Jika belum, Woop akan membahasnya untukmu

Setiap orang percaya bahwa rambut adalah mahkota, khususnya untuk para perempuan. Hampir dua sampai tiga kali dalam sebulan banyak perempuan yang melakukan perawatan rambut ke salon hanya untuk sekedar creambath, hair blow, ataupun mewarnai rambut. Semua orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang tebal, tipis, lurus, dan keriting. Selain itu, rambut juga memiliki tekstur, elastisitas, pola gelombang, dan porositas (daya serap). Mungkin kita sudah sering mendengar tentang tekstur, elastisitas, ataupun pola gelombang, namun bagaimana dengan porositas atau daya serap. Pernahkan kamu mendengarnya? 

Porositas atau daya serap rambut ternyata menjadi hal terpenting yang harus kamu perhatikan. Kamu bisa mengukur porositas atau daya serap rambut dengan melihat kemampuan rambut dalam menyerap cairan yang diterima akibat keramas yang terlalu sering. Hal ini akan membuat pori-pori semakin besar yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan pecah-pecah. Tidak hanya itu saja, menggunakan alat pengering rambut, catokan, dan pengeriting juga bisa menyebabkan rambut rusak. 

img

Porositas atau daya serap digolongkan menjadi 3 jenis, porositas rendah, sedang, dan tinggi. Jika memiliki porositas rendah, rambut kamu akan terasa kering, karena tidak bisa menahan banyak kelembapan. Sedangkan untuk yang memiliki porositas sedang, rambut kamu akan terlihat basah tapi tidak sampai terasa lengket, hanya menahan kelembapan sedikit. Terakhir, porositas tinggi, rambut kamu akan sangat terlihat basah dan lengket, karena rambut kamu menyerap dan menahan banyak kelembapan. 

Kamu bisa mengetahui rambut kamu termasuk jenis porositas rendah, sedang, atau tinggi dengan cara berikut ini:

Yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah keramaslah seperti biasanya, sampai bersih. Kemudian, gunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Ingat, jangan terlalu kering. Lalu peganglah rambut menggunakan tangan dari akar sampai ujung rambut. Terakhir, kamu bisa menggunakan cara ini, cabutlah satu buat rambut kamu lalu ampungkan ke dalam air, karena setiap rambut akan mengalami hal yang berbeda sesuai dengan porositasnya. 

img

  • Jika rambut kamu mengapung dan tidak tenggelam sama sekali, berarti rambut kamu masuk kedalam kategori porositas rendah
  • Tapi ketika rambut kamu tenggelam lalu kembali pengapung, porositas rambutmu tergolong sedang
  • Selanjutnya, apabila rambut kamu langsung tenggelam kedalam air dengan cepat. Bisa dipastikan porositas rambutmu tergolong tinggi. 

Jadi, apa tipe porositas rambutmu?

Selanjutnya: Menangis adalah hal wajar yang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun apakah menjadi wajar jika menangis di kantor? Jawabannya di sini.