Khasiat Ajaib dalam Secangkir Teh yang Perlu Kamu Tahu

Khasiat Ajaib dalam Secangkir Teh yang Perlu Kamu Tahu
ISTOCK

Saat kita sakit, Ibu selalu membuatkan teh hangat untuk kita minum. Katanya, teh bisa meredakan sakit. Ada lagi, saat ada yang pingsan, teh juga menjadi 'penyelamat' yang diberikan ketika dia sudah sadarkan diri. Lantas, apakah teh memang benar berkhasiat untuk tubuh? 

Apa-apa teh: saat sakit, menjamu orang, dan lain sebagainya. Tapi memang benar, segelas es teh manis memang bisa meredakan emosimu yang sedang meledak-ledak. Selain itu juga, tidak butuh datang ke seorang ahli untuk mengetahui bahwa secangkir teh hangat bisa membuatmu merasa lebih baik saat pilek atau tenggorokanmu. Tidak heran jika banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk mencari tahu kedahsyatan teh bagi kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan secangkir teh setiap hari. 

Green Tea

img

Teh favoritnya anak muda! Yep, ada alasan kenapa orang Jepang terobsesi dengan green tea. Ternyata, teh ini mengandung konsentrasi tinggi polyphenol bernama EGCG yang sepertinya mempengaruhi kesehatan dan penyakit yang diderita manusia. Dikabarkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa membantu dan mencegah, di antaranya kanker payudara dan perut. Selain itu, teh ini juga diklaim dapat melindungi manusia dari demensia dan Alzheimer serta memperbaiki level kolesterol. 

Black Tea

img

Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka yang minum dua atau tiga cangkir black tea dalam sehari cenderung 50% tidak memperlihatkan gejala awal demensia dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi teh ini. Penelitian ini juga menyakini bahwa black tea mengurangi kemungkinan terkena stroke dan melindungi paru-paru dari kerusakan akibat asap rokok. 

Peppermint tea

img

Teh ini dipercaya bisa membantu pencernaan dan mengatasi stres. Kandungan mentol di dalamnya berfungsi sebagai perelaksasi otot yang membantu mengurangi stres dan kegelisahan yang diderita seseorang. 

Oolong Tea

img

Bisa kamu temukan di Chinese restaurant. Para ilmuwan menemukan bahwa meminum oolong tea bisa merendahkan kadar kolesterol; ini efek dari tingginya kandungan antioksidannya. 

Camomile tea 

img

Tidak hanya dikabarkan bisa memberikan khasiat hidup lebih lama bagi perempuan, para ilmuwan juga mengklaim bahwa meminum chamomile tea dapat mengendalikan diabetes. Selain itu, teh ini juga dianggap sebagai salah satu bentuk perawatan kulit dikarenakan kandungan pembersih dan pelembabnya. Wah!

Coffee leaf tea

img

Bukan, bukan bijinya, tapi daunnya. Pada tahun 2013 para ilmuwan menemukan bahwa teh yang dihasilkan dari daun kopi mengandung elemen yang baik untuk kesehatan manusia. Yang paling mengejutkan adalah tingkat antioksidan di dalam daun kopi, yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan green tea dan black tea normal. Terkhusus tanaman kopi arabika yang memiliki mangiferin—yang dikenal baik untuk kesehatan—dalam level tinggi. Mangiferin diklaim bisa mengurangi resiko terkena diabetes dan kolesterol darah, serta melindungi saraf-saraf di otak. 

Selanjutnya: sudahkah kamu menyiapkan keperluaan Lebaran? Biasanya, hal tersebut akan membuatmu boros. Untuk menjauhkan sifat 'tidak terpuji' tersebut, coba lakukan empat tipsberikut agar keuanganmu tidak jebol selama puasa.