Patut Dicoba! Rutinitas Malam Hari Demi Tubuh Langsing

Patut Dicoba! Rutinitas Malam Hari Demi Tubuh Langsing
iStock
Patut Dicoba! Rutinitas Malam Hari Demi Tubuh Langsing

Kamu merasa berat badan bertambah? Jangan khawatir, lakukan hal ini di malam hari bisa bantu tubuhmu cepat langsing lho.

Apa yang kamu pikirkan untuk turun berat badan? Menjaga pola makan sehat dan rutin ke gym? Ahli gizi Kavita Devgan merasa sebaliknya. Menurutnya, tempat terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di tempat tidur saat kamu sedang tidur. Bahkan orang-orang yang kurang tidur di malam hari, lebih cepat gemuk kata para ahli.

Yap, kurang tidur menjadi faktor risiko utama untuk obesitas dan penambahan berat badan. Waktu tidur yang kurang meningkatkan risiko obesitas sebesar 89% pada anak-anak dan 55% orang dewasa. Tidak cukup tidur dapat meningkatkan nafsu makan karena memengaruhi hormon rasa lapar, ghrelin, dan leptin. 

Sebuah penelitian terhadap seribu orang menemukan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur cukup memiliki ghrelin 14,9% lebih tinggi dan 15,5% kadar leptin yang rendah. Oleh sebab itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan asupan kalorimu dengan memberi kamu ‘sinyal’ lapar sepanjang waktu.

Mendapatkan kualitas tidur memang bagian penting dari pemeliharaan berat badan bersamaan dengan makan yang benar serta berolahraga secara teratur. Jadi, ada lebih dari satu cara tidur yang dapat membantumu menurunkan berat badan.

Ahli gizi Kavita Devgan menganjurkan rutinitas malam hari yang sempurna untuk membantumu tidur lebih lama dan kehilangan lebih banyak berat badan. Rutinitas seperti apa yang dimaksud?

1. Makan malam porsi kecil dan pastikan untuk melakukannya dua jam sebelum tidur. Jadi, jika kamu tidur jam 10 malam, makan malam pukul 20.00. Makan malam porsi kecil penting karena tingkat metabolisme tubuh menjadi lambat ketika tidur dan membakar lebih banyak kalori.

2. Jangan lupa berjalan setidaknya 20 menit setelah makan malam. Jika kamu tidak memiliki pekarangan yang luas atau taman di rumah, berjalanlah di kamar atau balkon. 

3. Tambahkan protein dalam makan malammu. Alih-alih mengonsumsi makanan berminyak, konsumsilah protein sehat di makan malammu. Protein dalam makan malam meningkatkan laju metabolisme yang membuatmu membakar lebih banyak kalori. Dan ketika kamu makan lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak, itu menyebabkan penurunan berat badan.

4. Lada hitam adalah bumbu penurunan berat badan terbaik, taburkan pada makananmu. Tambahkan sumber makanan tryptophan tinggi dalam meny makan malammu; misalnya, susu, kacang-kacangan, ayam, ikan, atau telur.

5. Jika kamu menderita insomnia, makanlah pisang. Buah tersebut bisa bekerja seperti pil tidur.

Selanjutnya: ini tips tidur nyenyak untuk para pekerja malam.