Mengapa Kita Perlu Makan yang Berwarna Ungu

Mengapa Kita Perlu Makan yang Berwarna Ungu
ISTOCK

Ternyata tidak hanya cantik di foto, manfaatnya banyak!

Ultra violet menjadi tren warna tahun ini. Di badan, terlihat cantik—termasuk di atas piring, di antara tumpukan nasi, kubis, selada, wortel, dan toge. Sebenarnya, apakah fungsinya kita memasukkan terong atau kubis ungu ke dalam menu makan sehari? 

"Menurut The National Health and Nutrition Examination Study, sebuah survey tentang kebiasaan makan dan kesehatan, orang dewasa yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna ungu akan memiliki penurunan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, menurunan kolesterol dan menurunkan angka overweight,” terang seorang dokter gizi klinis dari RS. Pondok Indah, dr. Diana F. Suganda, Sp.GK., kepada Woop. “Sayuran dan buah-buahan berwarna ungu mengandung anthocyanin yaitu antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita, mengurang terjadi inflamasi atau peradangan," lanjutnya. 

Ah, radikal bebas—seharusnya dua kata ini bisa langsung kita buru-buru melahap terong setiap hari! 

“Pigmen ungu tersebut mengandung flavonoid, seperti resveratrol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Resveratrol membantu merelaksasi dinding arteri, menurunkan tekanan pada arteri dan menyebabkan sirkulasi darah lebih baik. Pigmen ungu juga mengandung berbagai polifenol yang dapat menurunkan proses inflamasi pada tubuh kita. Inflamasi merupakan penyebab dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, artritis dan juga penyakit autoimun,” jelas Diana.

Wah, ungu seharusnya tidak hanya menjadi warna tren untuk mode, tapi juga tren pola hidup sehat kita. Untuk lebih jelasnya, Diana menyebutkan lima alasan mengapa kamu (yep, saya juga) untuk mengonsumsi makanan berwarna ungu.

1. MAKANAN UNGU MENGHALANGI KANKER

"Resveratrol yang terkandung pada anggur ungu, cranberries, blueberries, red wine, dan jus anggur dapat menghambat penyebaran kanker kolorektal pada studi binatang," katanya. Diana menjelaskan bahwa resveratrol dapat menginduksi kematian sel kanker pada kasus kanker prostat, payudara, kulit, hati, paru, dan darah,

2. MAKANAN UNGU PENCEGAH MAAG 

Diana menerangkan bahwa sebuah penelitian dari tahun 2011 menemukan anthocyanin pada blackberries dapat menurunkan ulkus lambung pada tikus. Peneliti meyakini bahwa antioksidan yang terkandung pada blackberries menghambat proses aksidasi, dan dapat mendukung aktivitas antioksidan alami dalam tubuh, seperti gluthation.

3. MAKANAN UNGU BAGUS UNTUK HATIMU