Tidak Semua DIY Kecantikan Perlu Dicoba

Tidak Semua DIY Kecantikan Perlu Dicoba
ISTOCK

Internet tidak selalu benar.

Meski ini sudah era iPhone X, alias super ultra canggih, tetap saja kita bangga setengah mati saat melakukan DIY. Mulai dari memasang tempat tidur, sampai membuat produk kecantikan dengan jerih payah dan keringat sendiri. Hanya bermodalkan: video-video yang bertebaran di dunia maya. Namun, WOOP menyarankan untuk super ultra hati-hati saat mencoba dan memilah-milah video dan resep DIY untuk wajahmu. Hanya karena lem bisa melekatkan dua benda, belum tentu bisa merapatkan pori-pori wajah! Itu, plus beberapa DIY kecantikan lain yang sebaiknya dihindari.  

#1. MASKER WAJAH DARI LEM

Lem? Aneh tapi nyata, namun ada yang mencoba menempelkannya dan membuatnya sebagai bahan masker wajah. Asal tahu saja, menempelkan lem pada wajah dapat menyebabkan jerawat, dan merobek kulit dan bulu-bulu yang ada. Hal ini bisa juga merusak lapisan pelindung kulit dan menyumbat pori-pori.

#2. BAKING SODA 

Resep ini mungkin setua umur Bumi: gunakan baking soda sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Tahan diri dulu, karena baking soda yang bersifat sangat basah bisa mengacaukan keseimbangan pH kulit. Menggunakan baking soda sebagai eksfoliator dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menimbulkan jerawat.

#3. AIR LEMON

Tidak ada salahnya memakai air lemon sebagai DIY beauty. Kuncinya adalah tidak mengoleskannya ke wajah tanpa dicampur dengan air putih dan membiarkannya seharian tanpa dibilas. Pasalnya, dengan menaruh air lemon langsung ke kulit berisiko menyebabkan luka bakar yang bersifat asam atau hiperpigmentasi. Saran penting lagi: hindari sinar matahari secara langsung saat menggunakan sebuah produk yang mengandung jus lemon karena mengandung bahan kimia bernama psoralen, yang membuat wajah sensitif terhadap cahaya. 

#4. TELUR 

Kecuali telur tersebut terbukti tidak terkontaminasi oleh bakteri, maka barulah diperbolehkan menempelkannya ke wajah. Tanpa disadari, kamu bisa terkena terkena bakteri salmonella, yang terdapat di telur mentah yang terkontaminasi.

#5. KAYU MANIS