Trik Menyulap Dapur Minimu Agar Lebih Maksimal

Trik Menyulap Dapur Minimu Agar Lebih Maksimal
ISTOCK

Ada delapan solusi.

CERAHKAN DENGAN WARNA

Dinding putih akan selalu membuat ruangan terlihat lebih besar dibandingkan dengan warna lain, tapi warna-warni juga penting untuk memberikan atmosfer bahagia dan menyenangkan di dapur. Coba berikan warna terang dan ceria pada cat lemari, aksesoris, pencahayaan, peralatan dapur atau bahkan langit-langit dapur.

EKPOS DAPUR

Berganti ke rak terbuka bisa memberikan efek besar terhadap dapur kecil karena mampu mengeliminasi visualisasi yang terlalu berat, dan menciptakan suasana yang lebih luas dan tidak terasa sempit. Pertimbangkan untuk mengganti pintu lemari dengan yang berkaca, atau yang lebih ekstrim mencopot seluruh pintu, atau memasang floating shelves.

TEMUKAN TEMPAT UNTUK SETIAP HAL

Langkah paling penting membuat ruangan kecil efisien adalah membuatnya rapi dan terorganisir. Yah, tidak perlu menempel label setiap botol atau kendi, tapi  memberikan label kemana setiap hal harus disimpan akan mentransformasi dapur. Jika kamu memiliki lemari tertutup, tempelkan label yang bertuliskan, misalnya, “gelas kopi,” “piring,” “mangkok sup”, dll. Atau cukup dengan membuat peta dimana segala hal disimpan sehingga semua orang tahu posisi persis gelas, piring, sendok, dan panci. 

FAKTOR KESELARASAN

Suasana berantakan akan membuat ruangan apapun terlihat lebih kecil daripada ukuran yang sebenarnya, tapi keuntungan memiliki ruangan kecil: membatasi obsesi kita membeli semua barang pecah belah di setiap furniture fair. Salah satu trik ruangan mini adalah miliki barang pecah belah yang senada atau malah palet yang berbeda sama sekali. Contohnya, satu lusin piring putih akan tidak terlihat jika diletakkan di dekat dinding putih, dan koleksi panci, pot, dan alat dapur dalam warna yang sama akan terlihat luar biasa rapi! 

TAMBAHKAN FURNITUR FUNGSI GANDA

Meja kecil yang bisa dilipat atau berlapis merupakan pilihan pintar untuk dapur mini. Mereka bisa berfungsi sebagai meja untuk aktivitas apapun, tapi dapat juga dipanjangkan jika kamu menjamu tamu di rumah.