4 Cara Mengatur Keuangan Sesuai Gaya Hidup

4 Cara Mengatur Keuangan Sesuai Gaya Hidup
ISTOCK
4 Cara Mengatur Keuangan Sesuai Gaya Hidup

Mengatur uang itu memang susah. Ditambah lagi, gaya hidupmu yang tidak sesuai dengan penghasilan. Jika tidak berhenti, kamu akan miskin di masa depan. Lantas, bagaimana cara mengatur uang dengan gaya hidup yang tinggi? 

Saat ini banyak orang memiliki gaya hidup mewah yang sebenarnya tidak sesuai dengan kantong. Tidak jarang pula, uang yang masuk setiap bulan pun lenyap dengan cepat, karena hanya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Sehingga mereka tidak bisa menabung dan mengatur keuangannya dengan benar. Sebenarnya, berapapun penghasilan yang kita dapat jika tidak diimbangi oleh pengelolaan keuangan yang tepat, maka hasilnya akan berantakan dan merasa tidak pernah cukup. Oleh karena itu, kamu memang sangat disarankan untuk mengatur keuangan dengan benar. Ditambah juga harus bisa memprioritaskan kebutuhan yang penting dan tidak. Dengan mengatur keuangan, kita pun bisa menjadi lebih menghargai setiap pemasukan dan memiliki masa depan finansial yang cerah.

  • Jangan Lupa Menabung

img

Faktor penting dari mengatur keuangan adalah mampu menahan diri dari sifat konsumtif (di mana hal itu di luar kemampuan). Hal ini tentunya menjadi sesuatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh kamu yang memiliki gaya hidup tinggi. Apalagi jika penghasilanmu tidak sesuai dengan kebutuhan. Daripada kamu selalu memenuhi keinginanmu untuk berbelanja, dan itu membuatmu bangkrut, lebih baik penghasilan yang kamu dapat ditabung. Karena dengan memiliki perilaku menabung, kehidupan di masa depan juga akan lebih terjamin.

  • Memiliki Rencana Masa Depan

img

Pastinya kamu memiliki rencana di masa depan. Memiliki rencana di masa depan ternyata juga berpengaruh pada cara mengatur keuangan. Karena dengan begitu kamu pun akan mencaritahu bagaimana mencapainya. Dengan demikian, kamu akan mengetahui seberapa nominal yang harus dicapai pada waktu tertentu. Tentunya, kamu bisa memulainya dengan menentukan rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

img

Tidak hanya harus terpaku pada satu pekerjaan saja untuk mendapatkan penghasilan. Jika kamu memiliki passion atau hobi yang bisa menghasilkan uang jadikan hal itu sebagai cara untuk mencari pengahasilan tambahan. Misalnya, kamu suka membuat kue, cobalah untuk menjual kue-kue buatanmu kepada teman-teman. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi dan sosial media untuk membantumu mempromosikannya. Intinya, jangan pernah takut untuk memulai kegiatan baru selama hal tersebut dapat menghasilkan uang.

  • Jangan Pernah Menyepelekan Masalah Uang

img

Tanpa pengaturan yang baik, semua hal bisa menjadi berantakan, termasuk soal keuangan. Oleh karena itu, mengatur keuangan dengan benar adalah hal yang sangat disarankan. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah menyepelekan masalah uang. Karena hal itu akan berdampak pada masa depan finansialmu. Tidak mau’kan menjadi miskin nantinya? Jangan lupa juga untuk selalu mencatat semua pemasukan dan pengeluran setiap bulannya, agar kamu tahu berapa banyak uang yang kamu keluarkan.

Selanjutnya: sebelum benar-benar serius memutuskan pensiun, cobalah pahami 4 hal ini terlebih dahulu.