5 Kebiasaan yang Buat Gajimu Habis Dalam Sekejap

5 Kebiasaan yang Buat Gajimu Habis Dalam Sekejap
ISTIMEWA

Sudah berapa banyak uang gaji yang kamu pakai? Woop hanya ingin bilang jangan pernah menghabiskan gajimu dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini. 

Akhir bulan sudah tiba, berarti gajian sudah di tangan. Yep, betapa senangnya mendapat ‘suntikan kesejahteraan’ di masa-masa sulit. Namun kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakan uang gajimu. Karena 30 hari ke depan masih harus tetap dijalani. Jangan sampai, karena keasyikan memegang uang kamu malah menjadi impulsif dan melupakan semua tagihan yang sebenarnya harus dibayarkan dengan cepat. Agar tidak terjadi ‘kemiskinan’ di awal bulan, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan ini.

  • Belanja

img

Siapa yang tidak suka berbelanja? Rasanya semua perempuan menyukai hal ini. Kebiasaan ini menjadi hal paling lumrah dilakukan oleh para perempuan. Memang saat memiliki uang adalah keadaan yang paling menyenangkan, karena dengan itu, kita bisa ‘menghadiahi’ diri sendiri dengan barang-barang yang diinginkan selama ini. Namun jangan pernah menjadikan hal ini suatu kebiasaan setiap bulannya, karena akan berdampak buruk kepada keuanganmu. Kebiasaan belanja yang berlebihan ini harus kamu kurangi. Lakukanlah prioritas pengeluaran dengan bijak yang bisa menyelamatkan penghasilan.

  • Makan-makan

img

Selain berbelanja, makan dan nongkrong menjadi dua kegiatan yang menyenangkan. Saat kamu baru menerima uang, seringkali yang terlintas di pikiran adalah spending it for juicy meals. Benar tidak? Intinya makan enak! Memang tidak dilarang untuk makan enak, tapi kalau dilakukan terlalu sering di tempat makan yang mahal dan mewah, bisa-bisa belum sampai pertengahan bulan gajimu sudah melayang. Duh! Jadi untuk mengakalinya agar kamu tetap memiliki uang, bawalah bekal dari rumah. Selain sehat, ini juga menjadi cara efektif untuk belajar menabung.

  • Hangout

img

Yep, nongkrong bersama teman-teman sambil ngopi-ngopi cantik atau nonton film terbaru, merupakan aktivitas seru yang pastinya mengeluarkan uang cukup banyak. Jadi, tidak ada salahnya untuk absen dari kegiatan-kegiatan, jika kamu tetap ingin memiliki uang. Kamu harus tahu, masih banyak alternatif bersenang-senang yang jauh lebih murah tanpa harus menghilangkan kedekatan bersama teman.

  • Kredit

img

Ini menjadi kebiasaan paling berbahaya! Woop kembali mengingatkan untuk jangan terlalu sering memberli barang dengan menggunakan kartu kredit. Selain memiliki utang yang setiap bulan, hal ini membuatmu tidak sempat menikmati gaji. Karena sudah terlanjur terpotong untuk membayar kreditan. Jangan menerapkan sistem kredit pada dua jenis barang atau lebih. Hal ini akan memberatkan masalah keuanganmu pada akhirnya, jika jumlah gaji tidak terlalu besar.  

  • Traveling

img