6 Tanda Kamu Perlu Segera Ambil Cuti dan Berlibur

6 Tanda Kamu Perlu Segera Ambil Cuti dan Berlibur
6 Tanda Kamu Perlu Segera Ambil Cuti dan Berlibur
6 Tanda Kamu Perlu Segera Ambil Cuti dan Berlibur

Liburan adalah salah satu cara mengontrol stres. Oleh sebab itu, kenali tanda-tanda bahwa kamu harus segera berlibur.

Apakah kamu sedang merasa lelah dan bosan dalam bekerja? Jika iya, artinya kamu segera membutuhkan liburan. Banyaknya rutinitas pekerjaan memang dapat memicu stres. Menurut sebuah penelitian menunjukkan liburan dapat mengurangi stres, kelelahan dan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Oleh sebab itu, berlibur menjadi hal penting untuk semua orang. Yep, untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kamu dari stres, kenali tanda-tanda berikut ini:

SUSAH TIDUR

Hormon-hormon stres bisa membuat kamu susah untuk bersantai dan tidur. Sebuah studi dari American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga orang kurang mendapatkan waktu tidur setiap malamnya. Sementara itu, sisanya juga tidak dapat tertidur karena memiliki banyak pikiran.

SELALU BEKERJA SETIAP WAKTU

Jangan pernah membawa pekerjaan ke rumah. Karena hal itu dapat memicu stres dan ketidakbahagiaan dalam diri.

PENUH DENGAN RASA NEGATIF

Merasa bosan dan kesulitan dengan segala hal, serta tidak mendapatkan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan? Rasanya semua orang pernah merasakannya. Memikirkan pekerjaan yang tidak selesai dan merasa tidak puas menjadi sesuatu yang negatif untuk diri. Sehingga hal itu bisa masuk ke dalam kehidupan pribadi. Jika hal itu terjadi berarti kamu memang sedang membutuhkan liburan.

img

SERING MELAKUKAN KESALAHAN DALAM PEKERJAAN

Yep, stres kronis bisa membuat kamu sulit konsentrasi dan fokus. Akibatnya, kinerja kamu di tempat kerja mungkin akan terhambat dan kamu juga sering melakukan banyak kesalahan.

SERING SAKIT

Rasa cemas yang kamu rasakan di tempat kerja membuat otak akan melepaskan hormon stres sebagai respons ‘lawan atau lari’ terhadap apapun yang menyebabkan stres. Seiring berjalannya waktu, hal itu akan berpengaruh kepada fisik. Kamu akan mengalami peningkatan senyut nadi, tekanan darah, dan berkeringat. Bahkan yang lebih parah, kamu akan mengalami nyeri dada, nyeri punggung, mata yang tegang, sakit kepala, masalah pencernaan, pusing, dan pingsan.

TIDAK BISA BERSOSIALISASI

Stres bisa menyebabkan tekanan dalam hidup. Sehingga kamu mungkin akan melampiaskan masalah kepada teman, keluarga, pasangan, bahkan teman kerja. Selain itu, yang lebih parahnya mungkin kamu akan menarik diri dari semua orang. Sebelum semuanya terjadi, cobalah ambil beberapa hari cuti untuk berlibur.

Selanjutnya: kurangnya istirahat membuat kita mengantuk saat bekerja. Untuk menghindari hal tersebut lakukanlah lima cara berikut ini