5 Tips Melupakan Masalah Kantor Saat Sudah di Rumah

5 Tips Melupakan Masalah Kantor Saat Sudah di Rumah
SHUTTERSTOCK

Berbagai masalah akan selalu datang untuk kamu di kantor. Namun yang sering terjadi, kamu sering membawa masalah kantor sampai ke rumah. Lantas bagaimana cara melupakannya setibanya di rumah?

Semakin tinggi posisimu, semakin besar juga tanggung jawab yang kamu miliki. Tentunya, hal ini terkadang membuatmu memiliki banyak pikiran yang semakin lama terus membebanimu. Jadi stres bisa menjadi hal yang wajar kamu rasakan.

Yang sering terjadi, kita kerapkali membawa semua masalah pekerjaan di kantor sampai ke rumah. Imbasnya, kesehatan mental pun akan terganggu dan stres juga semakin bertumpuk. Tidak hanya itu saja, kesehatan fisik dan kacaunya keseimbangan antara kehidupan pribadi serta profesional. Untuk kamu yang sering mengalami hal ini, cobalah lima tips yang bisa membantumu meringankan tekanan pekerjaan. 

1. Tuliskan Isi Pikiranmu

img

Jabarkan tugas, masalah, dan semua perkara seputar pekerjaan yang ada di dalam pikiranmu. Jangan lupa juga untuk menuliskan langkah apa saja yang akan kamu lakukan dalam sebuah kertas. Hal ini dilakukan sebagai pedomanmu besok hari di tempat kerja. Lakukan hal ini sebelum kamu meninggalkan kantor, namun jika tidak sempat, lakukanlah jika pikiran tentang pekerjaan mendadak muncul di rumah. Aktivitas ini akan membantumu mengeluarkan dan meluruskan isi pikiran yang selama ini ada di dalam otakmu. 

2. Jauhkan Dari Godaan

img

Jika kamu sering mendapati diri sendiri selalu dikejar-kejar tentang pikiran mengenai pekerjaan dan keinginan untuk terus mengecek email. Cobalah untuk sign out dari email kantor atau bahkan kamu perlu mematikan ponsel. Bila kamu benar-benar harus mengecek kabar tentang pekerjaan, alokasikan waktu singkat untuk mengeceknya, namun jangan terlalu sering!

3. Ciptakan Kebiasaan Kecil

img