Benarkah Puasa Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Benarkah Puasa Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja?
ISTOCK

Puasa bikin ngantuk? Itu sangat wajar terjadi tapi bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Malah (katanya) puasa membuat produktivitas bekerja bisa semakin meningkatkan. Benarkah? 

Rasa ngantuk memang menjadi hal terberat di bulan puasa, apalagi buat kamu yang bekerja. Dengan rutinitas yang super padat, ditambah dengan deadline yang tidak pernah ada habisnya, waktu untuk mencuri-curi tidur pun tidak bisa. Biasanya, hal itu malah membuat produktivitas kerja kita melambat, bahkan hilang. Eits, tapi ternyata itu salah! Di tengah usaha kamu untuk menahan ngantuk, haus dan lapar saat bekerja, ternyata puasa bisa membantu kita untuk bekerja lebih fokus, sehingga hal itu bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja dengan baik. Benarkah? Oleh karena itu, Woop akan memberitahukanmu beberapa alasan, mengapa hal itu bisa terjadi.

  • Alasan #1: Lebih Disiplin Mengatur Waktu

img

Selama bulan puasa banyak perubahan rutinitas yang akan terjadi, misalnya saja pola makan, waktu tidur, dan kebiasaan lainnya. Karena hal tersebut, biasanya kita akan lebih disiplin dalam mengatur waktu. Begitu pula yang terjadi saat bekerja, kita akan lebih mudah memaksimalkan setiap detik waktu yang ada, dengan perubahan yang terjadi.

  • Alasan #2: Tidak Ada Waktu untuk Ngemil

img

Perlu diperhatikan, bagi kamu si hobi ngemil saat bekerja, kebiasaan ngemil ini bisa memperlambat kerjamu lho. Nah, selama puasa, kebiasaan ngemil ini akan hilang dan kamu pun menjadi lebih fokus bekerja.

  • Alasan #3: Tingkat Stres Menurun

img

Serius? Yes, saat kita berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon neurotropik yang lebih banyak. Setelah itu yang terjadi adalah sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi, sehingga kinerja otak semakin baik. Tidak hanya itu saja, saat puasa juga terjadi penurunan kadar hormon kortisol yang membuat stres berkurang. Kamu pun akan bekerja lebih fokus dibanding biasanya.

  • Alasan #4: Terhindar dari Kebiasaan Tidak Penting

img

Selama puasa, kita jadi lebih aware dengan setiap tindakan yang kita lakukan. Hal ini membuat otak akan mengondisikan kita untuk melakukan hal-hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya, misalnya mengendalikan diri untuk tidak bergosip saat jam kerja ataupun ngemil, sehingga waktu akan lebih terarah untuk hal-hal yang lebih produktif.

  • Alasan #5: Lebih Mudah Mengendalikan Diri

img