Cara Mencintai Pekerjaanmu Saat Mulai Lelah

Cara Mencintai Pekerjaanmu Saat Mulai Lelah
ISTOCK

Meskipun melelahkan tapi pekerjaan tetap menjadi sesuatu yang harus kamu lakukan. Apa yang harus dilakukan untuk mencintai pekerjaanmu lagi ketika sudah mulai lelah? 

Tidak selamanya pekerjaan bisa membuatmu bahagia, ada banyak hal yang bisa membuat kita merasa lelah, kesal, bahkan ingin mengundurkan diri dari tempat kerja. Pekerjaan menjadi hubungan yang sangat penting, kamu akan menghabiskan banyak waktu dengannya. Oleh sebab itu, pekerjaan bisa disamakan dengan pasangan. Dimana kita harus memiliki hubungan yang sehat dan membuat hubungan tersebut berjalan dengan baik. Namun saat kamu mulai merasakan kehilangan rasa pada pekerjaan, ada cara untuk kembali jatuh cinta dengannya.

Back to basics

img

Woop ingin tanya: apa yang kamu sukai tentang pekerjaanmu? Cara ini bisa membuat kamu jatuh cinta kembali dengannya. Mulailah dengan menulis daftar semua aspek positif dari pekerjaanmu saat ini. If you really can’t come up with anything, you might have your answer, tapi mudah-mudahan setidaknya ada beberapa hal yang kamu syukuri dan yang membuatmu bahagia.

Give and take

img

Agar hubungan bisa berhasil, kedua belah pihak harus menerapkan prinsip give and take. Jika tempat kerjamu tidak memberikan banyak jalan untuk imbalan atas kerja keras, bisa jadi ini saatnya untuk kamu mulai mempertimbangkannya: tetap bertahan atau mengundurkan diri dan mencari tempat lain yang bisa lebih menghargai kamu dan usahamu.

Komunikasi adalah kunci

img

Komunikasi adalah modal dari segala aspek kehidupan. Jika kita tidak memiliki komunikasi yang baik dalam segala hal, jangan harap bisa mendapatkan sesuatu yang baik juga. Hal ini juga berlaku untuk situasi di kantor. Jika kamu tidak berkomunikasi dengan atasan tentang hal-hal yang mengganggu, kamu tidak memberi mereka kesempatan untuk membantu mengatasi masalah yang ada. Bicaralah dengan jujur, positif dan konstruktif. Sediakan solusi yang mungkin dikerjakan, dan lihat apakah kamu dapat mencapai kompromi.