Hindari Melakukan Ini Jika Ingin Hari Pertama Kerjamu Mulus

Hindari Melakukan Ini Jika Ingin Hari Pertama Kerjamu Mulus
ISTOCK

Karena kesan pertama itu memang sangat penting. 

Selamat atas pekerjaan baru! Setelah sekian lama menunggu, akhirnya ada juga kantor yang bersedia menerima tantangan "memperkerjakanmu sebagai karyawan mereka". Hah.

Berhubung ini adalah sebuah teritori baru, ada baiknya kamu tahu aturan-aturan yang terkadang tidak tertulis (bahkan di kontrak kerja), tapi wajib dilakukan untuk memberikan kesan positif dan bisa menjadi penentu keberlangsungan hidup dan karirmu di kantor tersebut. Tidak peduli sebasi apa kedengarannya, kesan pertama di kantor baru sangat krusial. Dan seandainya kamu bisa melihat invisible checklist dari orang-orang di sana, hari pertama ini akan menentukan apakah kamu akan diajak makan siang bersama hari itu atau makan sendiri di depan komputer! 

1. Datang Telat

Pastikan kamu tidak datang telat di hari pertama bekerja. Datang terlambat bisa diinterpretasikan sebagai tanda tidak profesional.  

2. Membicarakan tentang Gaji

Jangan pernah membahas tentang gaji di hari pertama bekerja bersama karyawan lain yang sudah bertahun-tahun di sana. Pasalnya, uang atau gaji merupakan sesuatu yang cukup sensitif dan terlalu personal. 

3. Membahas Mantan Bos

Dunia kerja itu kecil. Bagi yang sudah pernah bekerja, jangan pernah membicarakan mantan bosmu kepada teman kantor baru. Tidak ada yang tahu siapa yang akan kamu temui atau bekerja sama nantinya. Carilah topik pembicaraan yang positif atau jika memang tidak ada bahan pembicaraan, tidak perlu ekstra keras mencari-carinya. Lebih baik fokus pada pekerjaan dan tanggung jawab barumu. 

4. Bad Mood

Apapun perasaan yang sedang dialami dan peristiwa apapun yang dialami semenit sebelum masuk kantor, tirulah kaum bangsawan: kalem dan hanya tersenyum.