Tidak Mau Dipecat? Jangan Katakan Ini di Depan Atasan!

Tidak Mau Dipecat? Jangan Katakan Ini di Depan Atasan!
ISTOCK

Berhati-hatilah saat mengucapkan sesuatu di depan atasan, karena beberapa hal mungkin bisa menyinggung perasaannya. Seperti kata-kata ini!

Sepertinya media sosial membuat kita berkomunikasi dengan orang lain dalam nada yang lebih santai—tidak terkecuali di kantor. Terkadang kita mengalami kesulitan untuk membedakan bahwa "kita sedang di kantor dan sebaiknya profesional" bukan di media sosial yang dipenuhi dengan emoji. Terlebih jika bosmu memiliki kepribadian santai, kita makin sering lupa bahwa ada batasan-batasan yang harus diperhatikan. Apa sebenarnya yang sebaiknya tidak dikatakan kepada si bos? Coba hapalkan delapan hal ini. 

1. “Saya Tidak Tahu.”

Jika bos bertanya sesuatu kepadamu, jangan pernah menjawab “saya tidak tahu.” Pasalnya si bos sedang membutuhkan bantuan dan jawabanmu. Kalau kamu memang tidak tahu atau tidak mengerti, kamu bisa menjawabnya dengan: “Oke, saya akan bantu mencarinya.”

2. "Tidak bisa."

Jelas, pernyataan “saya tidak bisa” menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri dan terkesan enggan untuk mengambil resiko. Sebaiknya bersikap dan berkata “saya akan melakukannya" karena ini akan membuat atasan lebih menghargaimu.

3. "Itu bukan bagian dari pekerjaan saya."

Yah, mungkin itu memang bukan bagian dari pekerjaanmu. Akan tetapi jika sudah di kantor, kamu dituntut untuk profesional, fleksibel dan membantu pekerjaan si bos agar lebih lancar. Jika mampu membantu pekerjaan yang bukan bidang yang digeluti, usahamu pasti akan sangat diapresiasi. Catatan penting: pastikan pekerjaanmu tidak terlalu berlebihan dan membuatmu stress atau sakit. 

4. "Tidak."

Kerja sama diharapkan dalam sebuah tim. Mengatakan kata “tidak” kepada atasan memang menjadi sebuah tantangan, tapi terkadang sangat diperlukan. Hanya saja kamu harus mengucapkannya dengan sopan dan memberikan sebuah alasan yang masuk akal.

5. "Saya akan mencoba."