Kalimat Basa-basi yang Sebaiknya Tak Diucapkan Saat Temu Klien

Kalimat Basa-basi yang Sebaiknya Tak Diucapkan Saat Temu Klien
iStock

Kamu perempuan cerdas? Coba stop ucapkan kalimat basa-basi ini ketika bertemu klien. 

Kalimat apa ya yang dimaksud? Perempuan lebih suka melontarkan kalimat basa-basi terlebih dahulu ketika bertemu seseorang termasuk klien terkait pekerjaannya. Salah satu kalimat yang paling sering dilontarkan kepada orang-orang adalah ‘Apa kabar?’ atau ‘Gimana kabarmu?’.

Kamu pasti salah satunya ya?

Tidak apa-apa, kamu tidak sendiri kok. Banyak perempuan yang melakukan ini karena bingung ingin berkata apa saat baru ketemu klien. Menurut peneliti, kalimat tersebut merupakan kata-kata yang paling tidak berguna di dunia komunikasi. 

Saat pertanyaan basa-basi tersebut keluar sebenarnya orang yang bertanya tidak benar-benar ingin tahu dan orang yang menjawa juga tidak mengatakan sebenarnya. Para peneliti Harvard melakukan serangkaian percobaan lewat online dan menganalisis 300 percakapan. Mereka menemukan kalau kalimat basa-basi yang sering diucapkan adalah ‘Apa kabar?’ atau ‘Sedang apa kamu di sini?’ ketika mendadak bertemu di jalan.

Kalimat basa-basi tersebut umumnya sudah tidak lagi dilontarkan orang-orang sukses. Perempuan yang cerdas dan menarik memiliki komunikasi lebih baik dibandingkan hanya sekadar basa-basi yang membuat mereka terlihat ‘perez’.

Berikut ini tips agar cara komunikasimu terlihat seperti perempuan cerdas. 

  • Gunakan Trik A.C.T

Apa itu A.C.T? Itu merupakan singkatan dari authentic, connection, dan topic. Jika ingin mengawali komunikasi dengan basa-basi bisa dengan cara yang lebih pintar. Misalnya, kamu bisa perhatikan apa yang dikenakan saat itu lalu tanyakan langsung ke si dia. 

“Hai, aku pernah lihat baju itu koleksi Prada S/S 2019 bukan sih?”

Jika kamu memang salah, bisa menanyakan mereknya. Namun tanya sesuatu yang memang menurutmu menarik bukan asal-asalan. 

  • Tahu Tentang Klien

Kamu setidaknya perlu mengetahui sedikit tentang klienmu agar komunikasinya berjalan interaktif. Jangan hanya menebak-nebak yang bisa membuat suasana menjadi canggung. Jika memang tidak tahu tentang dia, lebih baik mengalihkan ke topik lain dibanding 'sok' merasa dekat dengan si dia tapi ternyata salah fakta. 

  • Amati Lingkungan Sekitar