Banner

Kenapa Banyak Karyawan yang Memilih Resign Setelah Lebaran?

Kenapa Banyak Karyawan yang Memilih Resign Setelah Lebaran?
istock

Kamu salah satunya?

Banyak fenomena unik yang terjadi selepas Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya adalah karyawan yang mengajukan resign. Fenomena ini sebenarnya sudah terjadi dari tahun ke tahun di berbagai perusahaan. Apa sebenarnya hal yang menyebabkan karyawan banyak yang memutuskan untuk resignsetelah momen Idul Fitri? Simak rangkuman Woop berikut ini.

1. Sudah mendapat THR

img

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hal yang paling dinanti karyawan jelang Hari Raya Idul Fitri. Berdasarkan Permenaker No. 6 Tahun 2016 tentang THR, setiap perusahaan atau badan usaha wajib membayarkan THR pada pekerja sesuai hari raya keagamaannya. Besarnya THR disesuaikan dengan masa kerja karyawan, hal ini menjadi salah satu alasan terbaik untuk memutuskan resign setelah Idul Fitri.

2. Menghabiskan jatah cuti

img

Beberapa orang akan memaksimalkan jatah cutinya untuk momen Idul Fitri karena ingin menghabiskan waktu dengan keluarga dan kerabat lebih lama. Kemudian mereka memutuskan untuk resign dan memulai jatah cuti penuh yang baru di tempat kerja lainnya.

3. Tawaran kerja yang lebih baik

img

Momen Idul Fitri dijadikan waktu berkumpul dengan sanak saudara atau teman yang selama ini susah bertemu karena terpisah jarak. Biasanya akan banyak hal yang diceritakan salah satunya adalah sharing tentang pekerjaan, yang mungkin ditawarkan oleh saudara atau kerabat. Jija terdengar lebih menggiurkan entah karena gaji lebih besar, jam kerja singkat, atau fasilitas nyaman, membuat karyawan tertarik pindah kerja. 

4. Ingin suasana baru

img

Penat akan lingkungan pekerjaan bisa menjadi alasan bagi beberapa orang yang ingin mencari suasana baru dengan pilihan yang lebih menggiurkan. Berganti suasana kerja dan lingkungan yang baru menjadi alasan logis kenapa banyak karyawan yang ingin resign setelah Idul Fitri.

5. Banyaknya Lowongan Kerja

img

Banyaknya yang memutuskan untuk resign setelah Idul Fitri membuat lowongan pekerjaan pun terbuka lebar. Ini saat yang tepat untuk kamu browsing posisi dan perusahaan yang kamu inginkan di situs lowongan kerja favoritmu.

Selanjutnya: Ingin 'betah' di meja kerja seharian? Lakukan hal ini agar tidak bosan dan nyaman bekerja seharian.