Banner

Ketidaksetaraan di Kantor Jadi Penyebab Gangguan Mental?

Ketidaksetaraan di Kantor Jadi Penyebab Gangguan Mental?
SHUTTERSTOCK

Gaji yang tidak sebanding dengan pekerjaan dan adanya ketidaksetaraan lainnya antar karyawan ternyata tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

Sudah bekerja dengan giat, tapi tidak sama sekali dihargai oleh atasan membuatmu ingin sekali menyudahi semuanya. Masalah pekerjaan memang sering menyita tenaga dan pikiran, sehingga membuat banyak orang mudah sekali mengalami stres bahkan depresi karena hal ini. Apakah kamu juga mengalaminya?

Yep, pekerjaan memang telah lama menjadi salah satu masalah utama yang membuat seseorang mengalami gangguan jiwa. Duh! Menurut laporan terbaru PBB, penghematan, ketidaksetaraan gaji, dan rasa tidak aman dengan pekerjaan bisa memicu meningkatnya gangguan mental secara global. Mungkin, ini yang menjadi alasan mengapa belakangan ini semakin banyak karyawan dan para profesional lainnya menderita gangguan kecemasan.

Dr. Dainius Puras, seorang Special Rapporteur on Physical and Mental Health Perserikatan Bangsa-Bangsa menyarankan agar pemerintah ikut serta untuk segera menyelesaikan masalah ketidaksetaraan dan diskriminasi di lingkungan pekerjaan agar menghindari penggunaan obat-obatan.  

iStock
iStock

Baca: Mau ‘Nyalon’ Sambil Kerja? Woop Siap Datang ke Kantormu

"Ketidaksetaraan adalah hambatan utama dari kesehatan mental secara global. Banyak faktor berisiko dari kesehatan mental buruk yang diasosiakan dengan ketidaksetaraan dalam kondisi di kehidupan sehari-hari. Banyak faktor-faktor risiko dikaitkan dengan dampak korosif dari melihat hidup sebagai sesuatu yang tidak adil," ujar Dr. Dainius.

Menurut data World Health Organization (WHO) 970juta orang di dunia menderita gangguan mental dan gangguan depresi dan kecemasaan meningkat lebih dari 40% selama 30 tahun. Karena hal itu, penjualan obat-obatan untuk mengatasi gangguan mental seperti obat antidepresan pun meningkat di negara berkembang dalam 20 tahun terakhir.

"Cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan mental adalah dengan menciptakan lingkungan yang bisa saling memberikan dukungan dalam berbagai bidang, keluarga, dan tempat kerja," ungka Danius.

Jadi sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu?  

Selanjutnya: Selamat, menteri Susi Pudjiastuti kembali dinobatkan sebagai perempuan nomer satu yang paling dikagumi seantero Indonesia. Baca selengkapnya di sini