Mental Health 101, Seminar dalam Rangka Memperingati World Mental Health Day

MULA Adakan Seminar untuk Peringati World Mental Health Day
Mental Health 101, Seminar dalam Rangka Memperingati World Mental Health Day

Dalam rangka memperingati World Mental Health Day 2019, MULA X PDC mengadakan seminar Mental Health 101.

Dalam rangka World Mental Health Day 2019, MULA by Galeria Jakarta mengajak PDC (Personality Development Center) yang merupakan sebuah pusat layanan kesehatan mental untuk berkolaborasi mengadakan serangkaian seminar terkait edukasi kesehatan mental yang bernama Mental Health 101. Seminar ini diadakan selama 3 hari dengan topik yang berbeda-beda. Ketiga topik tersebut tentu saja berkaitan dengan kesehatan mental. Seminar ini diadakan di MULA, tepatnya di Cilandak Town Square, mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dengan pembicara psikolog dari PDC.

Hari pertama seminar yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober membahas topik ‘Depresi’ dengan pembicara Psikolog Firman Ramdhani, M.Psi. Firman membahas banyak hal mulai dari penyebab hingga penanganan yang tepat pada pemilik gangguan depresi. Menurutnya, gejala tersebut tidak seketika muncul, melainkan sudah ada sejak kecil pada setiap individu yang rentan terhadap stres. Langkah awal yang harus dilakukan pada orang yang mengalami gangguan depresi adalah membawa orang tersebut ke psikolog untuk penanganan.

Hari kedua seminar Mental Health 101
Hari kedua seminar Mental Health 101

Hari kedua seminar dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober dengan topik ‘Kecemasan’. Topik ini dibawakan oleh Psikolog Melisa, M.Psi. Menurut Melisa, banyak yang percaya bahwa individu yang sehat hanya dilihat dari fisiknya saja, padahal mental yang sehat juga harus sangat diperhatikan. Secara medis, gangguan kecemasan baru bisa didiagnosis terhadap seseorang jika ia sudah mengalaminya kurang lebih selama 6 bulan dan jika dalam jangka waktu tersebut orang itu sangat rentan mengalami kecemasan berlebihan bahkan sudah mengganggu berbagai aspek kehidupan. Tetapi Melisa mengingatkan untuk jangan mudah mendiagnosis diri sendiri mengalami gangguan kecemasan dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada psikolog dengan masalah yang dialami.

Baca juga: Selain Joker, Ini 7 Film yang Membicarakan Kesehatan Mental

Hari ketiga seminar Mental Health 101
Hari ketiga seminar Mental Health 101

Hari ketiga merupakan hari terakhir Mental Health 101 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober. Di hari ketiga ini membahas topik ‘Adiksi’ atau yang biasa dikenal dengan kecanduan. Topik ini dibawakan oleh pembicara di hari pertama, yaitu Psikolog Firman Ramdhani, M.Psi. Ia menjelaskan banyak hal seputar adiksi mulai dari pengenalan, gejala, hingga penanganan untuk individu yang mengalami adiksi. Menurut Firman, masalah adiksi bukan terletak pada obatnya atau sesuatu yang dicandukan, tetapi lebih kepada permasalahan psikologis yang dialami oleh penggunanya.

Seminar Mental Health 101 ini berlangsung dengan sangat baik. Selalu tersedia sesi tanya jawab pada setiap topik agar pesan yang disampaikan semakin jelas. Peserta seminar juga terlibat aktif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik. Suasana ruangan seminar yang diadakan di MULA ini juga cukup tenang dan kondusif sehingga peserta bisa fokus mendengarkan topik yang disampaikan oleh pembicara. Penyampaian topik juga dibantu dengan adanya proyektor di dalam ruangan. Walaupun terbilang kecil, ruangan ini menjadi sangat nyaman sebagai tempat seminar.

Selanjutnya: Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi jenis makanan ini, karena bisa membantu meningkatkan kesehatan mentalmu.

Loading Facebook Comment ...