Banner

Sedang Jenuh Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Produktif

Sedang Jenuh Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Produktif
SHUTTERSTOCK

Rasa jenuh itu wajar terjadi apalagi dalam hal karier. Namun bagaimana cara menghilangkan rasa jenuh tersebut? 

Secinta apapun kamu pada pekerjaan, rasa malas pasti akan menghampiri. Apalagi jika rutinitas yang kamu lakukan itu-itu saja. Biasanya saat rasa malas dan jenuh menghampiri, suasana hati akan hancur dan tidak enak. Alhasil, hal ini membuat suasana di kantor menjadi kurang kondusif dan emosi yang tidak terkendali. 

Padahal bisa menikmati pekerjaan adalah cita-cita semua orang. Namun bagaimana jika kecintaan itu mulai memudar karena rasa jenuh atau justru kamu sulit merasa bersenang-senang di tempat kerja karena yang dilakukan setiap hari hanya itu-itu saja? Apa yang harus dilakukan untuk keluar dari perasaan tersebut? 

  • Ciptakan Tantangan dan Target

img

Rasa bosan yang dihadapi dalam pekerjaan bisa mengakibatkan hilangnya tantangan. Sehingga kamu akan tidak bersemangat dan merasa tidak mampu dalam mengerjakan pekerjaan. Saat hal itu terjadi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memutar cara berpikirmu dan mencari tantangan baru. Misalnya kamu baru bisa mengerjakan laporan keuangan dalam satu minggu, cobalah untuk mengubahnya menjadi lima hari saja. Bikin target yang menantangmu untuk bisa kembali fokus dalam bekerja. 

  • Menata Ulang Meja

img

Ubah dan tata kembali meja kerja atau ruang kerjamu ternyata bisa mendapatkan suasana baru. Ciptakan suasana ruangan atau meja kerja dengan hal-hal baru dan tentunya tidak membosankan untukmu. Selain menata meja atau ruangan, kamu pun bisa bertukar tempat dengan rekan kerja. Siapa tahu pertukaran itu akan memberi penyegaran dan semangat kerja kembali. 

  • Mengambil Jatah Cuti

img

Libur sangat penting karena akan memberikan karyawan waktu beristirahat dan santai, sehingga bisa lepas dari kesibukan kantor. Dengan berlibur, para karyawan diharapkan akan kembali fresh bekerja dan bisa memberikan kontribusi yang menguntungkan pihak perusahaan. Mengambil libur secara rutin akan membantumu mengurangi stres dan kebosanan bekerja. 

  • Beri Hadiah Pada Diri Sendiri

img

Selain liburan, kamu bisa mendapatkan semangat bekerja dengan memanjakan dirimu sebagai wujud apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Misalnya, kamu berhasil menyelesaikan satu projek besar. Untuk merayakannya kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk makan bersama. Selain itu, kamu juga bisa mengapresiasi diri dengan memanjakan tubuh di salon di akhir pekan. Kamu juga dapat menikmati secangkir kopi di kafe sendirian sambil membaca majalah atau buku favorit.

  • Mencari Motivator

img

Saat jenuh sudah memuncak, tak jarang kamu terpikir untuk resign dan mencari pekerjaan baru. Terkadang ini bukan solusi yang baik kalo kejenuhan kamu sebenarnya bisa dengan mudah ditangani. Salah satu cara yang cukup ampuh adalah memikirkan orang-orang yang kamu cintai seperti orangtua, istri, suami, atau anak-anak. Apa yang akan terjadi pada mereka bila kamu berhenti bekerja? Terutama jika kamu adalah pencari nafkah utama dalam keluarga. Karena orang terdekat akan memotivasi kamu untuk tetap bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Mereka akan menjadi pengingatmu disaat perasaan negatifmu muncul.

Selanjutnya: Terlalu sering melakukan rutinitas ini bisa membuatmu terlihat tua lho