Semua Hal Aneh Ini Mungkin Terjadi Kepada Bayimu Saat Baru Lahir

Semua Hal Aneh Ini Mungkin Terjadi Kepada Bayimu Saat Baru Lahir
ISTOCK

Siapkan diri.

Cintamu yang begitu besar bisa jadi membutakan matamu ketika bayimu... pop... lahir ke dunia. Namun, jika kamu perhatikan baik-baik dan objektif, kepalanya seperti kerucut es krim—dan warna, warnanya itu lho, ungu! Kok tidak seperti yang terlihat di pelem-pelem romantis bercucuran air mata dan cinta itu, ya? Bayi kamu atau bayi yang di film itu yang 'aneh'?

"Bayi-bayi baru lahir jarang keluar seperti yang diperlihatkan di film dan televisi," tulis Lindsay Bliss, seorang birth companion/ birth coach di Mindbodygreen. "Sebagian besar, bayi-bayi di TV atau film sebenarnya berusia 3 bulan karena mereka tidak boleh menggunakan bayi yang benar-benar baru lahir di lokasi syuting untuk alasan kuman dan penyakit. Sebagian besar orang tidak menyaksikan sendiri bayi baru lahir terkecuali mereka melahirkan atau dekat dengan seseorang yang melahirkan," terangnya lagi.

Selain kepalanya lancip dan warnanya ajaib, beberapa hal akan membuatmu terkejut (atau histeris dalam hati). Dan ini penjelasan Bliss atas fenomena tersebut. 

1. KEPALA: TIDAK BERBENTUK; ADA YANG BOTAK ADA YANG PENUH DENGAN RAMBUT

... Layaknya manusia, tapi lebih seperti alien. Menurut Bliss ini sesuatu yang normal, dan terjadi karena fontanels, dua piringan tulang lembut di bagian kepala bayi baru lahir bergerak dan dimampatkan sehingga kepalanya bisa melewati kanal kelahiran. Di sisi lain, bayi yang lahir melalui proses caesar memiliki kepala seperti ini. Kapan berubah dan menjadi normal? Beberapa jam sampai beberapa hari, tulis Bliss. Dan soal rambut, Bliss menjelaskan bahwa mayoritas rambut pada bayi akan lepas pada minggu-minggu terakhir di utero, tapi ada bayi yang akan lahir dengan kepala ditutupi rambut; istilahnya lanugo (berasal dari bahasa Latin, lana, yang berarti wol) yang berfungsi melindungi kulit di utero, "dan membuat vernix lebih mudah lengket di kulit bayi," tulisnya. Biasanya, rambut-rambut ini akan lepas dalam beberapa minggu. 

2. TUBUH: DITUTUPI OLEH BERBAGAI CAIRAN

Jika di film-film romantis kamu melihat bayi yang baru dilahirkan sangat bersih—realitanya di ruang persalinan sangat berbeda. Pada kenyataannya, saat bayi baru keluar dari saluran lahir, mereka dipenuhi dengan darah, urine, cairan ketuban, dan vernix—tapi bukan berarti jorok, ya karena kanal lahir merupakan daerah bersih. Semua cairan itu ada fungsinya. Misalkan, vernix (vernix caseosa) yang bentuknya seperti cairan keju berguna untuk melindungi kulit bayai dari infeksi selama berada di rahim. Oh, oh, bisa jadi bayimu juga dipenuhi dengan tinja, atau meconium. Tidak perlu panik. "Meconium adalah kotoran pertama bayi dan berwarna gelap seperti aspal. Namun jangan khawatir—tinja pertama ini tidak berbau sama sekali dan dianggap steril. Bahkan ini adalah pertanda baik bahwa usus bayimu bekerja dengan semestinya," terang Bliss. 

3. BADAN: TERDAPAT LEBAM DAN LECET

Ow, ow, tahan diri untuk teriak ketika menyadari bahwa terdapat lebam, lecet, cakaran, hidung bengkok, telinga terlipat, karena "ini adalah atribut fisik temporer yang terjadi dalam perjalanan bayi keluar ke dunia." Semuanya akan kembali membaik dalam beberapa hari atau minggu. Puting dan alat kelamin yang membengkak juga sesuatu yang normal, karena estrogen si ibu "diterima melalui darah bayi," jelas Bliss. 

4. KULIT: MENGELUPAS SEPERTI ULAR