Sering Gagal Saat Interview Kerja? Mungkin Belum Lakukan Hal Ini

Sering Gagal Saat Interview Kerja? Mungkin Belum Lakukan Hal Ini
istock

Sering gagal saat interview kerja? Mungkin kamu belum memperhatikan beberapa poin penting ini ya.

Sudah berapa kali kamu gagal saat melamar pekerjaan? Tidak terhitung? Sebagai job seeker, CV yang menarik, pengalaman kerja, hingga background pendidikan merupakan hal yang penting. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabkan kegagalan saat melamar kerja, salah satunya adalah tahap interview.

Bahasa tubuh, tutur kata, merupakan hal yang paling dinilai oleh pewawancara. Banyak pewawancara yang menganggap bahwa hal tersebut dapat mencerminkan seberapa besar potensi calon pekerja. Namun tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, 'kenapa masih ditolak?' padahal merasa tidak ada yang salah dalam dirinya. 

Lalu bagaimana tips agar kamu diterima saat interview kerja? Berikut tips yang telah Woop rangkum dari laman Iflscience, berdasarkan saran seorang psikolog dari Universitas Standford, Jeanne Tsai.

1. Jabat tangan

img

Hal utama yang harus kamu lakukan saat bertemu pewawancara adalah menjabat tangannya dengan kuat. Gunakan energi agar ia menilaimu sebagai orang yang percaya diri, energik, dan berani. Hindari menjabat tangan dengan lemah karena itu menandakan kamu orang yang pemalu dan sedang gugup.

2. Posisi duduk

img

Saat berbicara dengan pewawancara usahakan jaga punggungmu tetap tegak dan condong ke depan. Hal tersebut bisa menunjukan kredibilitas dan kecerdasan dalam bekerja. Posisi bersandar dan membungkuk di kursi menunjukan kurangnya kepercayaan dirimu.

3. Eye contact