Tuesday, 05 March 2019

5 Perawatan Vagina yang Sebenarnya Tak Diperlukan

img detail
ISTOCK

Kamu sering menggunakan produk dan perawatan untuk vagina? Yep, ada yang perlu kamu tahu bahwa ada lima hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan untuk vagina. 

Merawat kesehatan vagina memang menjadi hal terpenting bagi seorang perempuan. Vagina yang sehat juga akan mengeluarkan sejumlah cairan untuk menjaganya agar tetap bersih. Untuk itu banyak produk yang kamu bisa dapatkan dipasaran untuk membantu membersihkan dan menjaga kesehatan vagina. Namun ternyata dari banyaknya produk dan perawatan yang ada di pasaran, ada lima hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Antara lain:

  • VITAMIN E

Seorang Khloe Kardashian menggunakan minyak yang mengandung vitamin E ke dalam vaginanya. Dia mengatakan bahwa vitamin E dapat memperkuat lapisan vagina, melembapkan labia dan vagina untuk mengatasi iritasi. Namun, ternyata belum ada penelitian tentang efek penggunaan minyak vitamin E pada vagina. Sebuah studi European Review of Medical and Farmacological Sciences menemukan bahwa setelah menggunakan supositoria setiap hari yang mengandung asam hialuronat, vitamin E dan vitamin A selama sebulan, perempuan pascamenopause cenderung menunjukkan dan melaporkan gejala atrofi vagina, seperti gatal-gatal dan terbakar. Karena itu, tidak ada alasan bagi wanita yang lebih muda tanpa masalah kekeringan untuk menggunakan vitamin E pada vagina mereka.

  • VAGINAL STEAMING

Sekarang ini banyak salon yang menawarkan perawatan spa vagina. Melakukan spa vagina diklaim bisa membersihkan rahim. Namun ternyata itu salah besar. Uap dapat menyebabkan luka bakar. Selain itu, beberapa steam yang mengandung minyak esensial, yang dapat mengiritasi kulit sensitif vulva dan menyebabkan luka bakar kimia. Jika vagina atau vulva sensitif, minyak esensial juga bisa menyebabkan gatal, ruam, atau gatal-gatal.

  • VAGINA INJECTION

Yep, beberapa dokter menawarkan prosedur seperti ‘G-shot’. Suntikan G-spot dari filler hyaluronan dan O’shot yang melibatkan pengambilan darah dari lengan dan menyuntikkannya ke dalam vagina. Perawatan ini mengklaim untuk membuat gairah dan orgasme lebih mudah, mengencangkan vagina, dan mencegah inkontinensia urin. Masalahnya adalah bahwa belum ada penelitian yang dipublikasikan tentang perawatan ini. Memasukkan jarum ke dalam (atau ke mana pun dekat) vagina bukan ide yang baik. Karena menyuntikkan jarum ke dalamnya dapat menyebabkan perdarahan, jaringan parut, pengerasan jaringan, dan berpotensi lebih banyak rasa sakit."

  • VAGINA WASHES AND WIPES

Kamu bisa menemukan produk ini dipasaran. Produk tisu dan pembersih vagina ini diklaim bisa mempertahankan tingkat pH sehat di vagina untuk menangkal infeksi. Namun ternyata itu salah. Apa pun selain sabun ringan dan tidak beraroma dapat membunuh bakteri sehat di dalam vagina, menjadikannya lebih rentan terhadap infeksi bakteri, jadi kamu tidak harus menggunakan pembersihkan atau tisu untuk mencuci bagian vagina.  

  • BATU GIOK

Beberapa tahun lalu, jade eggs/telur giok pernah populer. Batu bundar ini dimasukkan ke dalam vagina untuk memberikan latihan otot dasar panggul yang dikatanya bisa meningkatkan orgasme, dan keseimbangan hormon. Tetapi dalam kenyataannya, telur/batu giok ini malah lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Selanjutnya: perhatian-perhatian, jangan pernah lakukan ke lima hal ini saat berhubungan seks. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR