Sunday, 14 April 2019

Jangan Pernah Lakukan 7 Hal ini Saat Kamu Sedang Marah

img detail
ISTOCK

Woop hanya ingin berpesan: janga pernah melakukan hal-hal ini saat kamu sedang marah. Save yourself, ladies!

Semua orang pasti pernah marah. Yep, marah merupakan hal yang wajar dirasakan. Biasanya, saat marah suasana hati kita menjadi tidak karuan dan ingin meluapkannya kepada siapa saja. Meski begitu, rasa amarah pun tetap harus dikontrol, jangan sampai bisa merugikan kamu dan orang lain. Oleh sebab itu, ada beberapa kegiatan yang perlu kamu hindari ketika sedang marah, supaya kondisimu (dan orang lain) juga tetap aman.

Minum alkohol

Siapa yang sering memutuskan untuk mengonsumsi alcohol ketika kamu marah? Sekilas tampak seperti pilihan yang baik untuk menenangkan diri, tapi ternyata tidak. Alkohol dapat menghilangkan kontrol impulsif otak, dan dalam jangka panjang, hal ini akan menimbulkan kerusakan permanen pada otak.

Posting di media sosial

Media sosial menjadi tempat paling mudah untuk meluapkan seluruh perasaan yang kita rasakan. Tapi jangan pernah mengunggah perasaanmu ketika sedang marah, karena hal ini akan berdampak buruk pada reputasimu, terutama bila kamu sering mengekspresikan kemarahan di media sosial.

Mengambil keputusan

Yep, jangan pernah mengambil keputusan ketika kamu sedang marah, terutama yang bersifat penting dalam kehidupan, jangan pernah melakukannya! Jika kamu membuat keputusan saat sedang marah atau memiliki perasaan negatif lainnya, you might regret your decision later.

Tidur

Mungkin banyak orang yang melakukannya. Karena dengan tidur bisa melupakan semua masalah (meski sebentar). Eits, tapi itu ternyata salah. Sebuah studi dari Journal of Neuroscience menemukan bahwa tidur menguatkan memori otak. Jika kamu tidur dalam keadaan marah, maka emosi negatif itu akan terpendam lama dalam otak dan tetap membuat suasana hatimu buruk setelah bangun.

Makan

Meluapkan emosi dan amarah dengan makan? Bukan pilihan yang baik! Ketika marah, kita cenderung akan memilih makanan yang tinggi gula, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, emosi yang tinggi memberikan sinyal bahwa tubuh sedang berada dalam keadaan bahaya, sehingga pencernaan tidak bisa bekerja maksimal. Jangan lakukan ya!

Melampiaskan kemarahan

Memang, melampiaskan kemarahan itu perlu dilakukan, tapi perlu diingat jangan pernah melakukannya dengan memakai cara kekerasan. Karena akan merugikan kamu dan orang lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa melampiaskan kemarahan tidak hanya meningkatkan kemarahan pada saat itu, tapi juga memicu munculnya perilaku agresif di masa depan.

Menyetir

Jangan pernah menyetir dalam keadaan penuh emosi dan marah. Uh, oh, this is a big no-no. Menyetir membutuhkan konsentrasi tinggi, dan orang yang sedang marah cenderung kehilangan konsentrasi. Sehingga bisa membuatmu tidak memperhatikan suasana jalanan, dan tidak awas terhadap lingkungan sekitar.

Selanjutnya: setiap tempat memiliki aturan yang harus kamu patuhi, termasuk saat kamu kondangan. Yep, jangan pernah melakukan ini dan mengunggahnya ke media sosial ya.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR