Wednesday, 20 February 2019

Kenapa Banyak Perempuan Jadi Gemuk Setelah Nikah?

img detail
iStock

Tidak sedikit perempuan menjadi terlalu gemuk hingga obesitas setelah menikah. Mengapa banyak perempuan gemuk setelah nikah?

Kata orang, gemuk tanda bahagia. Namun bagi sejumlah perempuan kelihatan gemuk merupakan ‘petaka’. Menikah memang bisa mengubah gaya hidupmu 180 derajat mulai dari prioritas hingga penampilan. Maka tak heran bila berat badan naik drastis pascamenikah. Ada banyak faktor yang menyebabkan perempuan menjadi gemuk setelah menikah. 

Woop mencoba memaparkan penyebab kenaikan berat badan yang biasa dialami perempuan. Lalu bisakah perempuan tidak gemuk setelah menikah? Ya bisa saja, Woop juga akan memberikan solusinya.

  • Punya Anak

 

Ya, berat badan bisa bertambah hingga puluhan kilogram setelah melahirkan. Bahkan beberapa perempuan sulit untuk berat badannya kembali normal kalau sudah punya anak. 

Menurut penelitian, pasangan khususnya perempuan bisa mengonsumsi minimal 34 gram lemak dalam seminggu ketika sudah punya anak. Padatnya urusan keluarga maupun pekerjaan sering membuat pasangan beralih pada makanan yang kurang sehat seperti junk food atau gorengan. 

Belum lagi mengurus anak yang dibutuhkan tenaga ekstra. Meski demikian, kamu tetap bisa kok punya anak tapi tubuh tetap langsing. Yang penting menjaga pola makan secara disiplin dan olahraga. Masak sendiri saja yang membuatmu lebih tergerak untuk mengonsumsi makanan sehat. Membuat pasta kini juga bisa simpel dan sehat. 

  • Kebiasaan Suami

 

Setelah menikah, kebiasaan pasangan bisa menular ke kita, betul? Termasuk dalam urusan makanan. Penelitian menunjukkan kalau selera suami bisa membuatmu lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Padahal saat single, kamu sangat mengontrol hal tersebut.

Untuk mengimbanginya, tetaplah pada pola disiplin hidup sehat. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah menjadi hal terbaik untuk mengontrol berat badan.

  • Tak Punya Me Time

 

Salah satu penyebab perempuan mudah gemuk setelah menikah karena jarang punya ‘me time’. Banyak perempuan Indonesia yang ‘lupa’ memperhatikan dirinya sendiri. Ingat, bagaimana kamu bisa bahagia kalau diri sendiri saja tidak dibuat bahagia? 

Tetap perlu punya me time setelah menikah. Brand ambassador Gold's Gym, Ramona Braganza, menyarankan, “Cari waktu satu hari untuk membakar kalorimu. Mungkin kamu bisa mengikuti kelas gym setiap minggu. Atau kamu juga dapat melakukan latihan aeorbik selama 20 menit setiap minggunya."

  • Sering Malas-malasan Berdua

 

Saat akhir pekan, apa kamu tipe yang suka bermalas-malasan saja di rumah berdua pasangan? Boleh saja tapi jangan lakukan ini secara rutin. Salah satu penyebab kamu gemuk ya aktivitas ini. 

Jeffrey Sobal, Ph.D., seorang ahli nutrisi di Cornell University, Ithaca, New York, mengatakan bahwa ketika hanya bermalas-malasan di rumah berdua pasangan maka makanan menjadi pelengkap. Bermesraan itu harus tapi kamu juga harus punya aktivitas berdua yang menyehatkan.

Misalnya saja olahraga setiap minggu di pagi dan sore hari. Bisa juga jalan kaki malam hari berduaan di luar kegiatan seks kamu bersama suami. 

Jika tidak cukup, punya hewan peliharaan bisa menjadi alternatif lain. misalnya anjing. Menurut penelitian di Universitas Missouri, Saint Louis, Amerika Serikat, orang yang berjalan-jalan membawa anjing selama 20 menit sehari dan dilakukan rutin akan menurunkan berat badan sekitar 14 kg dalam setahun.

 

Selanjutnya: Pikirkan pula apakah dirimu benar-benar sehat? Cek di sini kebenarannya… 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR