Dian Sastro, Pegiat Seni Sekaligus Aktivis Dunia Pendidikan

Dian Sastro, Pegiat Seni Sekaligus Aktivis Dunia Pendidikan
Dian Sastrowardoyo

Berkarir di dunia hiburan nggak lantas menghilangkan kecintaan Dian Sastro pada dunia pendidikan Indonesia. Yuk simak perjalanan karirnya!

Nama Dian Sastro pastinya sudah nggak asing lagi di telinga kita. Kisah hidup dan perjalanan karirnya mampu menginspirasi banyak wanita.

Telah menjadi idola remajasejak era 90an, kepopuleran Dian Sastro seolah tak lekang oleh waktu. Kini, dirinya nggak hanya sibuk di dunia hiburan, melainkan juga aktif dalam sebagai pengusaha dan aktivis pendidikan.

Seperti apa sih perjalanan hidup Dian Sastro, yuk cari tahu lebih lanjut!

Dian Sastro Wardoyo

Berawal dari Gadis Sampul

Dian Sastro sebagai Gadis Sampul
Dian Sastro sebagai Gadis Sampul

Karir Dian Sastro berawal kala dirinya sukses menjuarai kontes kecantikan remaja, Gadis Sampul, pada tahun 1996. Nggak hanya dinobatkan menjadi juara pertama, Dian bahkan memiliki rubrik sendiri di majalah GADIS.

Dalam rubrik bertajuk "Kata Dian", ia menyalurkan bakat menulisnya dan berkomunikasi dengan pembaca setia majalah Gadis, keren!

Kemudian di tahun 1999, nama Dian Sastro semakin meroket kala dirinya ditunjuk menjadi bintang video klip Sheila on 7. Sejak itulah, ia mulai mendalami kemampuannya di dunia akting.

Karir cemerlang di dunia film

Dian Sastro
Dian Sastro

Setahun berselang sejak debut aktingnya di video musik, pada tahun 2000, anak tunggal pasangan almarhum Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo, dan Dewi Parwati Setyorini tersebut mendapat tawaran bermain film indie berjudul, Bintang Jatuh.

Akting Dian dalam film arahan Rudi Sudjarwo tersebut menuai pujian dari banyak pihak. Barulah pada tahun 2001, dirinya melakoni peran yang lebih serius dalam Pasir Berbisik bersama Christine Hakim, Slamet Rahardjo dan Didi Petet.

Lewat film ini pula Dian menyabet penghargaan pemeran wanita terbaik pada Festival Film Internasional Singapura (2002), dan Festival Film Asia di Deauville, Perancis (2002).

Baca juga: Foto: Aksi Dian Sastro Punguti Sampah Plastik di Bunderan HI

AADC yang fenomenal

Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo

Kembali digaet oleh Rudi Sudjarwo di film Ada Apa Dengan Cinta? (2002), nama Dian pun kian melambung di industri hiburan tanah air lewat film tersebut.

Berperan sebagai Cinta di AADC, akting fenomenal Dian di film tersebut sukses membuatnya meraih Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia pada tahun 2004.

Disebut-sebut sebagai ikon kebangkitan film Indonesia, AADC pun sukses merajai peringkat bioskop di dalam dan juga luar negeri.

Kesuksesan AADC pun membuat film tersebut dibuatkan sekuelnya pada 2016 lalu, dengan Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sebagai pemeran utama.

Baca juga: Maudy Ayunda, Artis Berprestasi yang Mahir 3 Bahasa

Beasiswa Dian Sastro untuk perempuan berprestasi

Dian Sastro menampatkan pendidikan S1-nya di Universitas Indonesia dengan jurusan filsafat. Nggak berhenti sampai disitu, ia pun sukses meraih predikat cumlaude untuk gelar paska sarjana Manajemen Keuangan di UI pada tahun 2014.

Kecintaan istri Indraguna Sutowo tersebut pada dunia pendidikan, membuatnya mendirikan Yayasan Beasiswa Dian bagi para perempuan Indonesia yang berprestasi.

Dian Sastro
Dian Sastro

“Ada banyak anak muda yang tidak mampu membiayai kuliah, tidak mampu bayar tetapi mereka punya impian. Saya melihat mereka adalah permata yang harus dibantu” ungkap Dian dilansir dari Bisnis.com.

Ibu dua anak itu berharap kegiatan sosial yang digalakannya terus berkembang sehingga semakin banyak anak muda yang dapat ia bantu melanjutkan kuliah, ikut bangga!

Hingga saat ini, pemiliki nama lengkap Dian Paramita Sastrowardoyo tersebut masih aktif menjalani kehidupannya sebagai bintang film, sekaligus ibu rumah tangga.

Itu tadi profil singkat mengenai Dian Sastro, banyak hal yang bisa kita pelajari darinya sebagai seorang perempuan, untuk terus bekerja keras mengejar mimpi.

Selanjutnya: Bukan hanya bermodalkan tampang, Raisa sukses berkarir di dunia musik berkat bakat yang dimilikinya sejak kecil.