Raisa, Dari Backing Vocal Hingga Suara Kelas Dunia

Raisa, Dari Backing Vocal Hingga Suara Kelas Dunia
Raisa

Bukan hanya bermodalkan tampang, Raisa sukses berkarir di dunia musik berkat bakat yang dimilikinya sejak kecil.

Raisa bukanlah nama yang asing di dunia musik Indonesia, hampir semua orang tahu dan hapal lagu-lagu dari penyanyi dengan paras yang cantik itu. Baru saja melangsungkan konser comeback beberapa waktu lalu, kisah hidup dan perjalanan karir dari Raisa menarik untuk diikuti, mari kita simak!

Nggak suka dengan nama panggilannya

Raisa kecil
Raisa kecil dan sang mama

Raisa Andriana atau yang akrab dipanggil Raisa, merupakan salah satu penyanyi yang lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990 dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty.

Sewaktu kecil, Raisa ternyata nggak suka dengan nama panggilannya. Kala itu, orang tua Raisa memanggilnya dengan nama Sasha, tapi karena dirinya masih belum bisa mengeja kata dengan jelas, panggilan itu berubah menjadi Yaya.

Namun, semakin beranjak dewasa Raisa justru gak menyukai nama itu, dan sering ngambek kalau ada yang menggodanya dengan nama Yaya. Tapi kini, dirinya sudah mulai terbiasa dengan nama yang justru menjadi panggilan akrab untuknya itu.

Tertarik dengan musik sejak kecil

Bakat tarik suara Raisa sudah terlihat sejak dirinya berusia 3 tahun, saat sang ibu memperkenalkan Raisa dengan lagu A Whole New World yang menjadi soundtrack Aladdin.

Dibanding anak berusia 3 tahun lainnya, kemampuan Raisa termasuk mengagumkan. Ia mampu melantunkan nada dengan benar dan nggak terdengar fals, serta bisa melafalkan lirik berbahasa Inggris dengan jelas, keren!

Raisa
Raisa

Meski begitu, karir bermusik Raisa harus dibangunnya dengan susah payah. Ia banyak mengisi waktu bernyanyi di kafe sebelum akhirnya terjun ke dapur rekaman. Selain bernyanyi, penggemar Brian McKnight itu juga pandai memainkan alat musik, seperti piano. Bahkan seperti yang kita tahu, hampir semua lagunya ia ciptakan sendiri.

Baca juga: Vakum 7 Bulan, Raisa Langsung Gelar Mini Konser

Berkarir dengan Kevin Aprillio hingga backing vocal RAN

Sebelum debut dengan singel Serba Salah pada tahun 2011, Raisa pernah manjadi vokalis band Andante bentukan Kevin Aprillio pada tahun 2008 lalu.

Bersama Andante, Raisa sempat menelurkan satu singel berjudul Seandainya. Andante sendiri kabarnya adalah cikal bakal band Vierra, namun karena mendapat respon kurang baik dari penikmat musik, posisi Raisa sebagai vokalis digantikan oleh Widi hingga kini.

Raisa
Raisa