Raisa, Dari Backing Vocal Hingga Suara Kelas Dunia

Raisa, Dari Backing Vocal Hingga Suara Kelas Dunia
Raisa

Bukan hanya bermodalkan tampang, Raisa sukses berkarir di dunia musik berkat bakat yang dimilikinya sejak kecil.

Raisa bukanlah nama yang asing di dunia musik Indonesia, hampir semua orang tahu dan hapal lagu-lagu dari penyanyi dengan paras yang cantik itu. Baru saja melangsungkan konser comeback beberapa waktu lalu, kisah hidup dan perjalanan karir dari Raisa menarik untuk diikuti, mari kita simak!

Nggak suka dengan nama panggilannya

Raisa kecil
Raisa kecil dan sang mama

Raisa Andriana atau yang akrab dipanggil Raisa, merupakan salah satu penyanyi yang lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990 dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty.

Sewaktu kecil, Raisa ternyata nggak suka dengan nama panggilannya. Kala itu, orang tua Raisa memanggilnya dengan nama Sasha, tapi karena dirinya masih belum bisa mengeja kata dengan jelas, panggilan itu berubah menjadi Yaya.

Namun, semakin beranjak dewasa Raisa justru gak menyukai nama itu, dan sering ngambek kalau ada yang menggodanya dengan nama Yaya. Tapi kini, dirinya sudah mulai terbiasa dengan nama yang justru menjadi panggilan akrab untuknya itu.

Tertarik dengan musik sejak kecil

Bakat tarik suara Raisa sudah terlihat sejak dirinya berusia 3 tahun, saat sang ibu memperkenalkan Raisa dengan lagu A Whole New World yang menjadi soundtrack Aladdin.

Dibanding anak berusia 3 tahun lainnya, kemampuan Raisa termasuk mengagumkan. Ia mampu melantunkan nada dengan benar dan nggak terdengar fals, serta bisa melafalkan lirik berbahasa Inggris dengan jelas, keren!

Raisa
Raisa

Meski begitu, karir bermusik Raisa harus dibangunnya dengan susah payah. Ia banyak mengisi waktu bernyanyi di kafe sebelum akhirnya terjun ke dapur rekaman. Selain bernyanyi, penggemar Brian McKnight itu juga pandai memainkan alat musik, seperti piano. Bahkan seperti yang kita tahu, hampir semua lagunya ia ciptakan sendiri.

Baca juga: Vakum 7 Bulan, Raisa Langsung Gelar Mini Konser

Berkarir dengan Kevin Aprillio hingga backing vocal RAN

Sebelum debut dengan singel Serba Salah pada tahun 2011, Raisa pernah manjadi vokalis band Andante bentukan Kevin Aprillio pada tahun 2008 lalu.

Bersama Andante, Raisa sempat menelurkan satu singel berjudul Seandainya. Andante sendiri kabarnya adalah cikal bakal band Vierra, namun karena mendapat respon kurang baik dari penikmat musik, posisi Raisa sebagai vokalis digantikan oleh Widi hingga kini.

Raisa
Raisa

Selepas Andante, Raisa melanjutkan karirnya sebagai backing vocal RAN, yang sepertinya menjadi pintu gerbang kesuksesannya di dunia musik.

Saat mengisi acara Java Jazz 2008, Astono Handoko atau yang akrab dipanggil Asta, memperkenalkan Raisa pada Universal Music, label musik besar berskala Internaisonal, yang kemudian memproduseri album debut Raisa.

Kerennya, nggak hanya sukses di dalam negeri, album perdananya bahkan sukses menembus Malaysia dan Brunei Darussalam dengan single andalan Serba Salah.

Baca juga: Sutopo Meninggal Dunia, Raisa Ikut Sedih dan Mendoakan

Banjir penghargaan musik

Lagu debutnya Serba Salah, sukses mengantarkan Raisa ke jajaran penyanyi wanita papan atas Indonesia. Lagu tersebut sukses memuncaki tanggal lagu hampir di seluruh radio, dan membuatnya mendapatkan penghargaan Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2012.

Selain itu, Raisa juga mendapat penghargaan sebagai Best Vocal Performance In A Song (New Female Artiste) di Anugerah Planet Muzik 2012 di Singapura. So cool!

Karir yang terus meningkat

Pada tahun 2013, pelantun Mantan Terindah itu meluncurkan album keduanya yang berjudul Heart to Heart yang berisikan sembilan lagu. Namanya pun kian melejit sebagai seorang penyanyi, ia bahkan ditunjuk sebagai juri tamu dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014.

Nggak tanggung-tanggung, memasuki tahun 2015, Raisa digandeng oleh Walt Disnet Pictures untuk menyanyikan soundtrack film disney yaitu Cinderella dalam lagu yang berjudul A Dream is a Wish Your Heart Makes.

Raisa dan Hamish Daud
Raisa dan Hamish Daud

Pada tahun 2017, Raisa melangsungkan pernikahan dengan Hamish Daud, dan kini telah dikarunia anak perempuan cantik bernama Zalina Raine Wyllie. Makin sukses ya Raisa!

Selanjutnya: Kesuksesan Maudy Ayunda di dunia hiburan dan pendidikan sukses menginspirasi banyak orang. Untuk itu, yuk kita lihat perjalanan karirnya!

Loading Facebook Comment ...