Banner

Tandatangani Surat Terbuka, Ratusan Model Victoria's Secret Pernah Alami Pelecehan Seksual?

Tandatangani Surat Terbuka, Ratusan Model Victoria's Secret
Dok. Getty Image - Ratusan Model Victoria's Secret buat surat terbuka atas pelecehan seksual

Ratusan model Victoria’s Secret tiba-tiba meminta perlindungan dari pelecehan seksual dengan menandatangani surat terbuka. Ada apa?

Setelah berita batalnya fashion show dan keluarnya 'bos' marketingnya yang ramai diperbincangkan oleh seluruh dunia, kali ini berita baru datang lagi dari Victoria’s Secret. Yep, lebih dari 100 modelnya secara tiba-tiba meminta perlindungan dari ancaman tindakan pelecehan seksual dengan melayangkan—dan menandatangani—surat terbuka kepada perusahan lingerie itu. Sejumlah model papan atas seperti Christy Turlington, Edia Campbell, dan Doutzen Kroes pun telah menandatangani petisi tersebut.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Surat terbuka yang mereka buat berisi tentang meminta Victoria’s Secret mendukung—dan menyetujui—gerakan organisasi dari Model Alliance yang sedang menjalankan program perlindungan untuk para pekerja di industri mode.

Dok. Getty Images - Victoria's Secret - Ratusan Model Victoria's Secret Buat Surat Terbuka untuk Pelecehan Seksual
Dok. Getty Images - Ratusan Model Victoria's Secret Buat Surat Terbuka untuk Pelecehan Seksual

Baca: Model Arab Pertama yang Bintangi Iklan Victoria's Secret

Yep, petisi—surat terbuka—ini dibuat karena adanya dugaan kasus pelecehan seksual oleh seorang investor bernama Jeffrey Epsten, yang berpura-pura menjadi perekrut katalog Victoria’s Secret. Namun, tidak hanya itu saja, banyak juga kasus serupa yang dilakukan oleh seorang fotografer mode—tapi tidak dilaporkan dengan cepat. Miris!

Sebenarnya, Model Alliance sebenarnya telah meminta Victoria’s Secret aktif mengampanyekan gerakan melawan pelecehan seksual sejak lama, tapi belum menghasilkan sesuatu. Hingga akhirnya, desakan tersebut semakin kuat setelah adanya kasus pelecehan seksual ‘Jeffrey Epstein’. 

Dok. Getty Images - Ratusan Model Victoria's Secret Buat Surat Terbuka untuk Pelecehan Seksual
Dok. Getty Images - Ratusan Model Victoria's Secret Buat Surat Terbuka untuk Pelecehan Seksual

Kasus Jeffrey Epstein sangat menarik perhatian publik dan menggegerkan industri mode dunia. Jeffrey Epstein sendiri dilaporkan bunuh diri pada Sabtu (10/8/2019) kemarin, di lembaga permasyarakatan New York, Amerika Serikat, ketika ditahan menunggu proses persidangan.

Maka dari itu, Model Alliance meminta Victoria’s Secret untuk lebih preventif dan responsif dalam melindungi para model. Tentunya, karena desakan ini pihak Victoria’s Secret mengaku senantiasa memperhatikan keamanan dan kesejahteraan para modelnya.

"Kami selalu peduli dengan keselamatan model kami dan ingin terus berdialog dengan Model Alliance dan pihak lainnya untuk mencapai kemajuan yang berarti di industri ini," ujar juru bicara Victoria's Secret. 

Selanjutnya: Beauty influencer dan youtuber cantik, Tasya Farasya mengajak kamu untuk melakukan beautyvestasi dari sekarang. Namun, apa itu beautyvestasi? Baca di sini.