Cara Praktis Membersihkan Noda Lipstik, Bedak di Baju

Cara Praktis Membersihkan Noda Lipstik, Bedak di Baju
ISTOCK

Tidak peduli seberapa hebat kita, kejadian ini menimpa semua orang.

Rasanya ingin menjerit dan menangis saat melihat atasan favorit terkena noda dari lipstik favorit. Namun, keduanya tidak bisa disalahkan atau dibuang karena: sama-sama paling favorit. Jadi, tahap berikutnya adalah berusaha sekuat tenaga membersihkannya sambil berdoa si noda hilang untuk selama-lamanya. 

Sebelum memulai proses "penyucian" ada beberapa hal yang harus diingat. Pertama, perhatikan bahan dasar pakaian. Kedua, jangan pernah mengelapnya, karena akan membuat kotoran sampai masuk ke dalam fabrik pakaian. Ketiga, langsung bersihkan secepat mungkin. Keempat, jangan masukkan ke dalam pengering sebelum dibersihkan karena akan membuat kerusakan semakin parah. Kelima, pembersihnya sama sekali tidak rumit, biasanya ada di dapur. Jika semua tahap tersebut gagal dan noda masih saja membayangi, berikan ke dry cleaner dan pastikan menyebutkan kotoran tersebut secara spesifik. 

LIPSTIK

Lipstik dibuat dari minyak dan wax, sehingga penanganan berbeda harus diaplikasikan saat membersihkan nodanya. Pertolongan pertama adalah dengan menggunakan clear laundry detergent. Teteskan langsung beberapa tes ke bagian kotor. Diamkan selama lima menit sebelum menambahkan tetesan air dan gosok dengan sikat bergigi lembut—atau dengan tangan. Jika masih membandel, gunakan sabun pencuci piring, gosok dengan sikat. 

NODA CAIRAN

Sebagian besar produk makeup—misalnya alas bedak, BB cream, bahkan maskara, dasarnya adalah minyak. Lakukan pembersihan noda dengan memanfaatkan kekuatan super hebat sabun pencuci piring. Basahi area yang kotor, celupkan bagian gigi dari sebuah sikat lembut ke dalam sabun dan gosok ke pakaian. Lakukan ini sampai noda hilang, dan kemudian cuci.

NODA BEDAK 

Respon otomatis ketika mendapati noda bedak di baju adalah menggosoknya. JANGAN PERNAH LAKUKAN. Melainkan, tiup, dan bersihkan sisanya dengan menggunakan alat pengering tangan atau rambut. Jika masih berbekas, cobalah membersihkannya dengan makeup remover dengan menggunakan bola kapas. Satu yang perlu diingat bahwa kemungkinan besar noda bisa terlepas 100% adalah dengan membersihkannya secepat mungkin setelah petaka terjadi. Semakin lama noda berada di pakaian—terutama jika sudah melewati tahap pencucian dan pengeringan—semakin kecil kemungkinan terlepas.