6 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Perut

6 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Perut
ISTOCK

Tambahkan kunyit ke dalam makanan dan minumanmu.

Kecuali kamu memang sedang mempersiapkan diri untuk sebuah karakter tertentu di satu film yang membutuhkan ini, tidak ada yang menginginkan ekstra lemak di sekitar perut. Tidak hanya membuat pinggang celana mustahil terkancing (untung ada ikat pinggang), lemak yang berlebihan di perut ini memiliki banyak efek negatif, mulai dari meningkatkan resiko terkena penyakit jantungdiabetes tipe 2 sampai kanker. Oleh karena itu, penting membakar lemak tersebut agar jumlahnya tidak eksesif. Selain dengan olahraga teratur, lemak abdominal yang berlebih itu bisa dibakar dengan makanan. Yep, makanan yang bisa membakar lemak di perut benar-benar eksis! Berikut beberapa di antaranya. 

1. FROZEN YOGURT 

Yogurt, makanan fermentasi ini memang menjadi andalan untuk yang sedang diet. Menurut sebuah penelitian di tahun 2010 di University of Alabama di Birmingham perempuan yang mengonsumsi setengah cangkir frozen yogurt per hari, bisa kehilangan satu inci lemak visceral di perut. Mengapa? Peneliti ini mengatakan bahwa kemungkinan dengan semakin banyak kalsium yang dikonsumsi, semakin sedikit lemak visceral yang didapatkan. Jika kamu alergi dengan susu, coba sumber kalsium lainnya, seperti sayuran berdaun gelap diantaranya bayam dan kangkung.

2. MINYAK ZAITUN

Banyak orang berdiet untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Namun, terkadang bukannya bentuk tubuh langsing yang didapat, malah sakit yang dirasakan. Jika mau memilih satu diet yang aman dilakukan sepanjang sisa hidup, ikuti diet mediterania. Menurut studi di Swiss, pola makan ini bisa membuatmu lebih bahagia. Selaini itu, penelitian ini juga menemukan bahwa diet ini mampu mengurangi berat badan, indeks massa tubuh dan lingkar pinggang. Diet mediterania ini sendiri artinya kita disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya asam lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, buah zaitun, kacang-kacangan, sayuran segar berwarna cerah dan buah-buahan. Juga tomat dan ikan dan ayam dalam jumlah moderat. 

3. ALMOND 

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the American Heart Association mengungkapkan almond dapat secara khusus mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan lemak di perut. Saran konsumsi: satu ons atau setengah kacang almond setiap hari (bukan dalam bentuk muffin, donut, atau croissant).

4. BLUEBERRIES 

Selain ampuh untuk menyehatkan kulit, blueberries juga bisa membantu mengurangi lingkar pinggangmu, lho. Sebuah penelitian dari University of Michigan menguji coba dan meneliti tikus yang mengonsumsi bubuk yang mengandung blueberry. Kesimpulannya hewan tersebut memiliki lebih sedikit lemak perut, trigliserida dan kolesterol mereka turun, dan kadar glukosa dan sensitivitas insulin meningkat setelah 90 hari. Apakah berlaku pada manusia? Terlepas dari apakah kamu percaya hasilnya dapat direplikasikan pada manusia, blueberry memang mengandung antioksidan yang terbukti bermanfaat bagi tubuh, juga zat kimia seperti anthocyanin yang dipercaya dapat mengurangi kondisi kesehatan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan lebih banyak lagi.

5. CUKA SARI APEL