7 Benda Terlupakan yang Seharusnya Dibersihkan

7 Benda Terlupakan yang Seharusnya Dibersihkan
ISTOCK
7 Benda Terlupakan yang Seharusnya Dibersihkan

Ada banyak hal yang harus kamu bersihkan dengan benar, termasuk ketujuh tempat ini. Apa saja? 

Membersihkan seluruh rumah sudah menjadi tanggung jawab semua orang. Memiliki rumah yang bersih tentunya akan menciptakan lingkungan yang sehat. Namun terkadang ada beberapa tempat yang lupa kita bersihkan di rumah. Padahal tempat itu bersarang banyak kuman yang bisa menganggu kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk membersihkan benda-benda ini.

  • MICROWAVE TOUCH PAD

Tidak pernah terpikirkan kalau tempat ini mengandung banyak kuman. Yep, kuman yang berada di microwave touch pad bisa mengkontaminasi makanan. Jadi jangan lupa membersihkannya setelah memanaskan makanan.

  • WASTAFEL

Bakteri dari daging mentah dan makanan lainnya dapat terbentuk di tempat ini. Usahakan untuk membersihkan tempat ini setiap minggu dengan cara menggosokan area tersebut dengan sikat gigi dan pembersih lalu siram dengan air hingga bersih.

  • KENOP PINTU

Setiap saat kita dan orang lain pegang. Karena banyak yang menyentuhnya, kuman bisa dengan mudah berpindah ke tanganmu. Jadi masuk akal jika disarankan untuk membersihkannya setiap hari. Usap dengan lap yang sudah diberi pembersih antibakteri.

  • RAK KULKAS

Sisa makanan dan sayuran akan bisa menempel atau tersangkut di sana. Rak kulkas bisa menjadi tempat utama bagi jamur dan bakteri untuk terbentuk. Sehingga memang sangat disarankan untuk selalu membersihkannya. Pembersihan paling mudah adalah dengan mengeluarkan rak dan bersihkan menggunakan soda kue dan air panas. Kemudian, gosok perlahan menggunakan sikat gigi dan cucilah rak di wastafel dengan air sabun.

  • SIKAT GIGI

Semua orang pasti sudah tahu untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan. Karena kuman dan bakteri bisa menempel pada bulu-bulu sikat. Jadi, sebelum menggantinya, kamu juga disarankan untuk membersihkannya setiap minggu dengan menggunakan larutan air hangat dan baking soda. Biarkan semalaman, lalu bilas.

  • PONSEL

Menjadi salah satu tempat bersarangnya kuman, ponsel juga harus dibersihkan. Caranya dengan menggunakan pembersih UV ataupun tisu pembersih elektronik.

  • EARPHONE

Setiap kali kamu menggunakannya, earphone akan menyerap keringat. Untuk itu jangan lupa untuk membersihkannya dengan kain lembut yang sudah dicelupkan ke dalam larutan sabun cuci piring dan air. Tapi ingat jangan direndam ya!

Selanjutnya: bersih-bersih rumah menjadi kegiatan yang paling bikin malas. Tapi kita wajib melakukannya. Paling tidak, kamu harus tahu kapan waktunya membersihkan semua benda ini.