7 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

7 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga
ISTOCK

Agar cucuran keringatmu tidak sia-sia. 

Seandainya belum tahu: seberapa keras pun kamu berolahraga untuk memiliki bentuk badan ideal atau sehat, sebenarnya hasilnya akan sia-sia jika tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam perut sebelum dan setelah satu jam di gym. Pastinya, tubuh lapar setelah berlari, tapi bukan berarti semua makanan baik dilahap. Akan tetapi, tidak benar juga untuk menolak mengkonsumsi apapun karena sangat penting untuk memastikan tubuh pulih kembali setelah pilates atau yoga. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari setelah olahraga: 

1. Hanya Sayuran Mentah

Mungkin tampak mengejutkan bahwa sayuran mentah tidak disarankan untuk dimakan sehabis olahraga. Wortel, seledri, paprika, dan brokoli memang jenis sayuran yang baik untuk tubuh karena banyak mengandung vitamin. Namun, kalori yang dbutuhkan untuk tubuh tidak cukup hanya dengan memakan jenis sayuran tersebut. Oleh karena itu, tambahkan yogurt, atau jenis dressing yang sehat dan tidak berlemak.

2. Makanan Cepat Saji

Satu kentang goreng, satu cheeseburgers, dan satu nachos terdengar enak dan pastinya bisa mengenyangkan. Namun, semua makanan itu pada dasarnya tidak sehat (apalagi jika sering dikonsumsi), dan dipastikan akan membuat olahraga yang kamu jalankan menjadi sia-sia (apalagi jika sering dikonsumsi). Semua lemak yang terdapat dalam fast food bisa memperlambat pencernaan. Ingat tujuan berolahraga adalah untuk mengisi glikogen tubuh dan mengurangi lemak, bukan menambah jumlah lemak. Bukan? 

3. Cemilan Bergaram, Asin

Cobalah untuk mengurangi mengemil sehabis berolahraga. Cemilan seperti keripik kentang dan sejenisnya bisa menurunkan kadar potassium, yang berfungsi untuk memulihkan tubuh kamu sehabis olahraga.

4. Pizza

Pizza memang enak, tapi lebih baik tidak dimakan persis sehabis berolahraga. Apalagi jika pizza yang dimakan ber-topping sosis, double cheese, dan pepperoni. Satu potong pizza akan merugikan kamu, karena tidak membantu keringat keluar dengan baik.

5. Soda dan Minuman Rasa Buah