Adopsi 5 Kebiasaan Pagi Ini Jika Ingin Berat Badanmu Berkurang

Adopsi 5 Kebiasaan Pagi Ini Jika Ingin Berat Badanmu Berkurang
ISTOCK

SEMANGAT PAGI!

Seperti apa rutinitas pagimu? Mengecek ponsel, mandi dan siap-siap pergi ke kantor? Atau malah begitu membuka mata, satu-satunya hal yang terpikirkan hanya pekerjaan kantor? 

Idealnya, aktivitas pagi harus menyenangkan dan menyemangati karena akan penting untuk membuat kita bertahan sepanjang hari. Lebih baik lagi jika rutinitas pagi bikin bahagia dan efek sampingnya: sehat dan berat badan berkurang. Adakah hal semacam itu? Ada. 

1. BERJEMUR

Berjemur di bawah sinar matahari bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Serius? Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal PLOS ONE, ada 54 peserta yang berhasil menurunkan berat badannya karena paparan sinar matahari selama tujuh hari.

Orang-orang yang lebih banyak terpapar sinar matahari pagi memiliki BMI yang lebih rendah dibandingkan mereka yang berada di dalam rumah, terlepas usia, tingkat aktif atau apapun yang dimakan. Kok bisa? Salah satu alasannya, paparan sinar matahari pagi (bukan sore atau siang) mampu menyelaraskan jam internal tubuh, sehingga membuat tidurmu lebih teratur. Artinya, tidur teratur = metabolisme tubuh lebih efisien = berat badan bisa berkurang. Berapa lama harus berpanas-panas di bawah sinar matahari pagi? Selama 20 sampai 30 menit, antara jam 8 sampai jam 10 pagi. 

2. TIDUR

Tunggu, tidur? Lah 'kan harus berangkat kerja! Maksudnya, kamu disarankan mendapatkan istirahat yang cukup. Menyediakan lebih banyak waktu untuk tidur (dibandingkan main ponsel atau nonton drama Korea sampai lupa waktu) dapat menurunkan hasrat memakan segalanya. Penelitian dari University of Chicago dan University of Wisconsin menemukan bahwa mereka yang tidur lebih banyak cenderung makan dan ngidam lebih sedikit. 

3. PERBAIKI MOOD

Perhatian! Ini merupakan cara penting dalam penurunan berat badan. Kamu benar-benar harus fokus dan menyesuaikan diri dengan tubuh serta pikiran. Bahkan lebih baik lagi apabila kamu bisa menstabilkan emosi. Jika kamu sedang dalam suasana hati yang tidak baik, hal itu akan membuatmu cenderung makan yang berlebihan.

4. BERKOMITMEN DENGAN DIRI SENDIRI