Kata Ahli Gizi Ini: 'Menurunkan BB Itu Harusnya Gaya Hidup, Bukan Siksaan Sesaat'

Kata Ahli Gizi Ini: Menurunkan BB Itu Harusnya Gaya Hidup, Bukan Siksaan Sesaat
ISTOCK

Jika kamu hanya punya waktu luang 10 menit hari ini, wajib baca ini.

Minggu ini turun empat kilo. Minggu depan turun empat kilo lagi. Yeeey! Berhasil, berhasil, berhasil! Namun, sebelum kamu mencoba melompat-lompat untuk menguji "keringanan badanmu" di atas kasur terdekat, coba dengarkan: ternyata turun berat badan [BB] terlalu drastis bisa berbahaya. Eh? Untuk menjelaskan lebih jauh, Woop menghubungi Leona Victoria, MNutrDiet, seorang praktisi nutrisionis terakreditasi. 

BIASANYA APA ALASAN SESEORANG INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN? 

"Dari sisi kesehatan, biasanya orang perlu menurunkan berat badan karena untuk: mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes. Hal ini terutama direkomendasikan bagi yang sudah ada beberapa risk factors seperti hipertensi, tinggi kolesterol & trigliserida dan tinggi gula darah. Selain itu, untuk mengurangi nyeri sendi bagi yang memiliki osteoarthritis atau radang sendi. Dengan mengurangi BB, tekanan yang didapatkan oleh persendian, terutama sendi di kaki, akan berkurang sehingga tidak terlalu menekan dan tidak terlalu sakit.

Atau karena alasan akan melakukan operasi besar. Operasi yang dilakukan dengan general anesthethic (bius total) biasanya mempunyai resiko lebih besar bagi pasien yang obesitas sehingga dokter mungkin saja menyarankan pasien untuk menurunkan BB sebelum operasi.

Penurunan BB yang direkomendasikan adalah 5-10% dari BB saat ini untuk mulai dapat terlihat improvement-nya." 

APAKAH PERLU REKOMENDASI DOKTER UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN? 

"Cara mudah untuk mengetahui apakah BB kita ada di rentang berat sehat adalah dengan menghitung BMI/Body Mass Index. Biasanya ini alat diagnosa yang cepat dan cukup terpercaya untuk dipakai di clinical setting. Sekarang banyak website yang menawarkan menghitung BMI secara cuma-cuma dengan memasukkan tinggi dan berat badan. 

Rekomendasi dari dokter tentu tidak bisa diabaikan terutama jika berkaitan dengan penanganan kondisi klinis."

APA ALASAN YANG KURANG TEPAT MENGURANGI BERAT BADAN?

"Alasan yang paling tidak saya sukai untuk mengurangi BB adalah untuk memuaskan keinginan orang lain, baik orang tua, pacar maupun peer pressure. Setiap orang mempunyai gambaran tubuh ideal mereka masing-masing. Tentunya kita seorang diri tidak bisa memenuhi semua keinginan idealisme mereka. Mengurangi BB akan lebih menyenangkan dilakukan jika memang dari kesadaran dan keinginan pribadi."