Bau Badan Bisa Dijadikan ‘Sinyal’ dalam Memilih Pasangan?

Cari Pasangan yang Tepat Lewat Bau Badannya, Ha?
SHUTTERSTOCK
Cari Pasangan yang Tepat Lewat Bau Badannya, Ha?

Percaya atau tidak, banyak perempuan yang memilih pasangan hanya dari bau badannya juga lho.

Cinta datang bisa kapan saja, tanpa diundang atau harus mengenal dekat lebih dahulu. Begitulah yang sering kita rasakan dalam sebuah perjalanan mencari pasangan. Tidak hanya itu saja, kepribadian, hobi, kecocokan prinsip, dan cara pandang masih menjadi hal penting yang biasanya dijadikan pedoman. Namun ada hal menarik yang ditemukan, ternyata manusia mempunyai cara lain dalam hal mencari pasangan yaitu dengan melibatkan indera penciuman. Maksudnya?

Menurut riset, manusia memilih pasangan dengan bau badan yang sama dengannya. Riset yang dilakukan kepada 30 pasangan di Skotlandia--yang sudah berpacaran lebih dari enam bulan-- dengan memberikan sampel bau badan mereka. Selama dua hari, mereka diminta untuk tidak memakai deodoran yang biasa digunakan, tidak berolahraga, tidak mengonsumsi makanan yang beraroma kuat, dan tidak berbagi tempat tidur dengan yang lainnya (karena bisa mengubah bau badan asli seseorang). Setelah itu, para peneliti menganalisa dengan memberikan nilai berdasarkan kesamaan aroma. Didapati hasil, jika orang secara natural akan tertarik kepada lawan jenis yang memiliki bau badan serupa dengan dirinya sendiri.

"Hasil kami menunjukkan afinitas untuk pasangan dengan bau yang sama dan bukannya berbeda," ujar Dr. Allen, seorang peneliti.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Musik Pengaruhi Kepuasanmu Dalam Berhubungan Seks?

Nah, biasanya banyak orang menggunakan deodoran untuk mencegah bau badannya. Meskipun mengeluarkan bau wangi, menariknya aroma anti-perspirant yang terdapat pada deodoran tidak terlalu berperan dalam memilih pasangan. Malah sebaliknya, aroma tubuh natural tetaplah menjadi ‘sinyal’ kuat untuk menarik lawan jenis. Wah!

Namun penelitian ini ternyata tidak hanya membahas tentang memilih pasangan saja, tapi juga menganalisa seberapa puas partisipan dalam hubungan percintaannya. Dan didapati hasil, banyak pria yang lebih puas dan bahagia saat menjalin hubungan dengan perempuan yang sama baunya. Sedangkan, hal tersebut tidak berlaku kepada para perempuan. Sebab, berdasarkan riset tersebut perempuan yang memakai kontrasepsi tertentu bisa saja tidak memilih pasangan berdasarkan bau badannya, karena penciuman mereka berubah.

Jika kamu bertemu dengan pria yang bau badannya sama denganmu, bisa jadi dia adalah jodohmu.

Selanjutnya: Merasa bosan karena baju yang dipakai hanya itu? Woop punya empat hal yang bisa dilakukan saat 'bajumu itu-itu saja'.