Banner

Tak Perlu Susah Payah, Cara Mudah Buat Anak Cepat Tidur

Tak Perlu Susah Payah, Cara Mudah Buat Anak Cepat Tidur
iStock

Bu, ibu, sering merasa lelah ya karena anak susah diajak tidur? Woop punya tips buat kamu yang merasa demikian.

Pulang kerja bertemu anak tentu merasa menyenangkan. Namun ketika anak masih mau terus main sampai lewat waktu tidur (umumnya paling lambat pukul 21:00), maka orangtua bisa kelelahan. Coba jangan paksa mereka untuk tidur kalau tidak ingin si kecil rewel.

Kamu bisa cari cara lain untuk membuat anak tidur tepat waktu, terutama pada malam hari. Berikut tips yang bisa dilakukan.

Buat Jadwal Tidur

img

Jangan hanya lewat omongan, buatlah jadwal tidur secara tertulis. Tempelkan jadwal tidur tersebut di kamar anak agar mereka paham peraturan yang sudah dibuat. Jelaskan secara rinci apa yang sudah kalian sepakati. Misalnya saja, setelah makan malam maka waktunya untuk sikat gigi. Baru kemudian masuk kamar.

Aktivitas di kamar bisa dilakukan dengan bermain selama 30 menit atau membaca buku bersama-sama. Cari kegiatan yang ‘tenang’ untuk dilakukan di dalam kamar. Ketika dia mulai mengantuk, ajak si kecil matikan lampu bersama dan berpelukan. Cium keningkan lalu ucapkan selamat malam. Cara ini bisa membantu anak tertidur dengan senang dan nyenyak. Jadi tidak perlu pakai marah atau pemaksaan ya.

Beri Mereka Waktu Sebentar untuk Main Gadget

img

Banyak ibu idealis untuk tidak pernah memberikan gadget ke anak mereka sampai tumbuh besar. Sebenarnya tak bisa melulu demikian karena kini kita hidup di era milenial dan teknologi. Saat anak sudah mengerti, buat aturan dalam penggunaan gadget.

Seorang ibu menyarankan untuk memberikan gadget kurang lebih 30 menit sebelum tidur. Ini bisa menjadi ritual yang menyenangkan buat anak sebelum mereka mau pergi tidur. Tetap dampingi anak ketika bermain gadget. Bahkan kamu bisa sambil mengajarinya sesuatu yang bermanfaat lewat gadget tersebut.

Lakukan Sedikit Olahraga

img

Anak akan senang ketika diajak bermain. Coba ajak dia berolahraga sebelum tidur. Tak harus lari keluar rumah tapi lakukan saja peregangan di tempat tidur. Contoh: tidur bersama anak di atas karpet kamar lalu naikkan kaki ke dinding. Lakukan beberapa gerakan stretching bersama si kecil. Ritual ini bisa dieksplor dan lakukan secara rutin setiap hari agar anak mengerti kalau olahraga malam hari merupakan pengantar dirinya untuk tidur.

‘Hipnotis’ dengan Kata-kata Sayang

img

Peluk dan cium anakmu ketika ia berbaring di tempat tidur. Jangan hanya diam, coba hipnotis mereka dengan kata-kata sayang. Misalnya saja. ‘Mimpi indah sayang, mama mencintaimu, sampai ketemu besok pagi ya. Nanti kita main lagi…’. Cara ini juga bagus untuk menanamkan ‘chip’ ke benaknya kalau kamu sangat menyayangi si kecil.

Bercerita

img

Ambil waktu 30 menit saja untuk mengobrol dan bercerita tentang segala hal bersama anak. Dengarkan segala hal yang diceritakan walau terkadang tidak nyambung. Beritahu pula bagaimana kegiatan sehari-harimu. Lakukan pula tanya-jawab ke anak mengenai aktivitas di hari tersebut, khususnya bagi ibu pekerja. 

Selanjutnya: Selain sulit tidur, anak juga susah diajak membantumu membereskan mainannya. Woop punya tips jitu buat kamu, baca di sini ya…