Banner

12 Trik Memakai Bronzer yang Harus Kamu Tahu

12 Trik Memakai Bronzer yang Harus Kamu Tahu
ISTOCK

Misteri terpecahkan. 

Ini pengakuan terdalam: memakai bronzer terkadang membingungkan. Mulai dari menentukan cara yang paling tepat, mulai darimana, kapan harus dipakai, bla bla bla. Dari sekian banyak tips dan trik di luar sana tentang bronzer, ternyata jika tahu beberapa hal di bawah ini pemakaian bronzer sudah lebih dari cukup dan membuatmu menjadi "sedikit ahli tentang bronzer". 

#1: Ingat Aturan Angka Tiga

Saat mengaplikasikan bronzer, selalu ingat nomor tiga. Artinya, aplikasikan bronzer dengan meniru bentuk angka tiga di jidat, tulang pipi dan garis rahang untuk menambahkan kontur wajah dan membuat kulit terlihat natural. Dan untuk membuat hidupmu lebih mudah, coba cara ini: saat bercermin, hadapkan hanya satu bagian wajah dan bayangkan angka tiga ketika memakai bronzer. Lalu, pindah ke sisi lainnya and "flip" the number to match

#2: Mulai dari Garis Rambut 

Mungkin kebanyakan dari kita berpikir bahwa tulang pipi merupakan starting point paling tepat saat mengaplikasikan bronzer. Sayang sekali, karena ternyata ada yang titik yang lebih efektif untuk membuat makeup terlihat lebih rapi dan dandanan lebih natural. Gunakan kuas berukuran medium (agar lebih mudah dikontrol), aplikasikan bronzer pada garis rambut (awali dari pelipis) dan sapukan di seluruh jidat pada sepanjang garis rambut alami, lalu menuju ke tulang pipi. 

#3: Pilih Warna dengan Tepat

Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Misalnya, bronzer tanpa orange undertones atau memiliki kilau minimum adalah pilihan paling tepat, terutama jika kamu akan difoto. Alasan lain untuk tidak memilih yang terlalu berkilau adalah matte bronzer berkualitas dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai contouring shade dan illuminator

#4: Lebarkan Daerah Jangkauan Bronzer

Ternyata bronzer tidak hanya bermanfaat di wajah. Mengaplikasikannya ke kaki, lengan, lutut dan décolletéd akan membuat kulit terlihat bersinar. 

#5: Gunakan pada Bagian yang Terkena Sinar Matahari

Satu hal yang perlu diingat, bahwa bronzer merupakan alat dandan yang harus digunakan hanya sesuai dengan kebutuhan. Bukan: semakin banyak, semakin bagus. Aplikasikan pada daerah-daerah tinggi di wajah yang biasanya langsung terkena sinar matahari—seperti jidat, hidung, tulang pipi, dan dagu. Hasilnya, cahaya wajah terlihat lebih natural. 

#6: Lembabkan Kulit Terlebih Dahulu

Alias gunakan moisturizer terlebih dahulu. Untuk bronzer cair, campurkan formula dengan sedikit moisturizer favoritmu, dan aplikasikan bersamaan di wajah. Usahakan untuk menaruhnya terlebih dahulu di punggung telapak tangan dan campurkan dengan menggunakan kuas atau sponge. Dan apapun bentuk bronzer yang kamu gunakan (cairan, bedak atau krim) selalu semprotkan setting spray sebagai sentuhan terakhir. 

#7: Gelapkan Bagian yang Lebih Terang

Sebagian kita memiliki wajah lebih terang daripada dada, dan sebagian lagi lebih gelap pada bagian kening. Jika kamu ingin meratakan warna wajah dan leher serta membuat kulit lebih transparan dan bercahaya, campurkan bronzer bubuk super halus dengan creamy face serum dan aplikasikan pada bagian yang lebih terang. Lalu, gunakan sunscreen powder di atasnya dan concealer (jika perlu) sebagai spot-corrector

#8: Fokus Hanya pada Titik Tertentu

Pemakaian bronzer bisa membingungkan, tapi seandainya kamu fokus pada daerah-daerah ini—tulang pipi, tulang hidup, dan pelipis sampai area kening, (dan jangan lupa taburkan sedikit pada bagian bawah leher) hidupmu akan aman. Saran lain, aplikasikan pada kelopak mata untuk memberikan dimensi natural dan menonjolkan tulang mata. 

#9: Jangan Gunakan untuk Terlihat Tan

A big no no. Jika memang ingin terlihat tanner, pilih alas bedak dengan nuansa sedikit gelap dan pastikan tercampur dengan baik ketika diaplikasikan ke semua bagian, baik telinga dan leher.

#10: Gunakan sebagai Eye Shadow Darurat 

Bronzer juga bisa digunakan untuk mendapatkan efek smoky eye dalam waktu cepat. Caranya: aplikasikan matte bronzer pada lipatan mata dan di bawah garis dasar bulu mata dengan menggunakan blending brush.

#11: "Penghapus" Kesalahan Concealer

Pernah berada di dalam situasi ini: sedang mencoba concealer baru dan baru sadar pada detik-detik terahir bahwa warnanya terlalu terang untuk kulitmu? Siapa yang tahu bahwa ternyata bronzer bisa berfungsi sebagai kamuflase—sehingga tidak perlu repot-repot menghapus seluruh makeup. Jika concealer di bagian bawah mata terlihat lebih terang, coba aplikasikan warm-toned bronzer (atau peachy blush) tepat di bawah mata untuk melembutkan dandananmu. 

#12: Contouring dengan Tepat

Contouring bisa menakutkan—terutama bagi yang masih baru dalam hal ini—meski sebenarnya tidak perlu takut jika melakukannya dengan cara yang benar. Yang paling penting: fokus untuk menambahkan dimensi kedalamanan di area yang membutuhkan, misalnya untuk menonjolkan kulit, pipi, atau bentuk wajah secara keseluruhan. Pertama, miringkan kepala sampai telinga hampir menyentuh bahu. Lalu, dengan gunakan matte bronzer, posisikan kuas di bawah tulang alis, campur sambil bergerak, mengarah ke telinga dan mulut.