4 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Vagina Agar Selalu 'Muda'

4 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Vagina Agar Selalu Muda
SHUTTERSTOCK

Menjaga kesehatan vagina itu penting. Apalagi membuatnya selalu terlihat 'muda'. Untuk itu ada 4 cara yang harus kamu lakukan untuk membuatnya selalu sehat. 

Sama seperti kulit, vagina juga akan mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Jika ada jutaan produk kecantikan yang bisa membantu menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda, berbeda dengan vagina yang dibiarkan untuk menjaga dirinya sendiri. Padahal menjaga kesehatan vagina agar tetap ‘muda’ itu sangat penting.

Dimulai sejak usia 20-an, lemak pada labia luar (jaringan lemak di atas bibir vagina) akan mulai kehilangan volume dan terlihat ‘melorot’ seperti yang sering terjadi dibagian payudara ataupun wajah. Kemudian, hal itu juga diikuti oleh perubahan di dalam vagina. Ditambah lagi, ketika kamu mendekati menopause, lapisan vagina akan mulai menipis, aliran darah berkurang dan otot-otot dasar panggul melemah.

Sebuah penelitian terbaru dalam Psychology of Women Quarterly bahwa wanita yang tidak puas dengan penampilan alat kelamin mereka  dan tingkat kepuasan seksual menjadi lebih rendah. Mungkin mengapa banyak perempuan sekarang melakukan peremajaan vagina agar terlihat ‘muda’ kembali.

Alih-alih melakukan peremajaan vagina dengan operasi. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan vagina yang terlihat ‘muda’ lagi.

Hindari Diet Yo-Yo

img

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menjaga berat badan. Biasanya, banyak perempuan yang akan melakukan diet untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang dan sehat. Namun terkadang saat berat badan sudah ideal, mereka lupa untuk terus menjaganya sehingga kembali mengalami kenaikan berat badan. Nah, hal itu juga akan mempengaruhi kesehatan vagina. Satu lagi, jika kamu memiliki tubuh yang kurus, itu juga berpengaruh kepada kulit wajah dan vagina. Karena akan membuatnya terlihat tua.

Lakukan Latihan

img

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu berolahraga, karena sibuk bekerja. Kamu bisa mendapatkan vagina yang sehat hanya dengan melakukan latihan. Caranya dengan menukar kursi kerja dengan bola duduk selama 15 menit sehari. Cara ini sangat efisien untuk menjaga otot dasar panggul tetap kencang.