6 Cara Membuat Ibu Hamil Bisa Tidur dengan Nyaman

6 Cara Membuat Ibu Hamil Bisa Tidur dengan Nyaman
ISTOCK

Kamu sedang hamil dan sering merasakan sudah tidur? Woop akan memberikan beberapa saran agar tidur-mu bisa nyaman meski sedang hamil. 

Hamil memang menyenangkan, namun masa kehamilan yang semakin besar bisa menyulitkan kamu untuk melakukan banyak hal sehari-hari, termasuk tidur. Mencari tidur berkualitas dengan posisi yang benar menjadi hal yang mustahil. Eits, jangan resah, sebenarnya ada banyak cara penyesuaian yang dapat kamu lakukan untuk membantu membuat tidurmu lebih nyaman saat sedang hamil. Antara lain:

TIDUR MENGHADAP SAMPING

Yep, semakin besar perutmu, semakin susah mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Betul sekali. Menurut American Pregnancy Association, tidur menghadap atas saat hamil dapat menyebabkan sakit punggung, wasir, masalah pernafasan, bahkan tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, tidur menghadap kesamping sangat direkomendasikan, karena dapat membantu mengatasi sakit punggung.

MELETAKKAN SATU/DUA BATAL DI ANTARA LUTUT

Menurut Christine Greves, M.D., seorang dokter kandungan dari Winnie Palmer di Orlando, Florida, tidur dengan membungkukkan lutut dapat membantu menstabilkan tubuh. Terkadang guling tidak cukup untuk membuatmu nyaman saat tidur. Usia kehamilan yang bertambah akan membuatnya menjadi lebih berat dan secara alami membungkuk ke dapan. Otot perut juga menjadi melar dan lebih lemah ketika sedang hamil. Hal ini dapat mengacaukan stabilitas tulang belakang dan meningkatkan risiko sakit pada punggung. Untuk bisa mencegah hal itu, kamu disarankan untuk meletakkan satu/dua batal di antara lutut sebelum tidur. Bantalan ekstra itu dapat membantu menjaga tulang belakang tetap lurus dan mengurangi tekanan pada tulang belakang, pinggul, dan saraf di sekitarnya,

HINDARI MAKANAN YANG BISA MEMBUAT MULAS

Bukannya tidak boleh, tapi makan tepat sebelum kamu tidur dapat memingkatkan risiko sakit perut. Ini dapat terjadi selama kehamilan karena sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Hal ini disebabkan karena perubahan kadar hormon. Rahim yang lebih besar dari biasanya juga dapat memadatkan perut dan mendorong asam pencernaan ke atas, sehingga menciptakan rasa panas dalam prosesnya. Sangat disarankan untuk menghindari makanan pedas, jeruk, cokelat dan makanan berlemak atau goreng.

img

MENGGANJAL KEPALA

Disarankan kepada ibu hamil untuk menganjal kepala lebih tinggi daripada kaki. Hal ini akan membantu kamu tidur lebih baik, apalagi jika kamu juga sedang mulas. Kamu dapat melakukan ini dengan menopang sisi tempat tidur atau juga bisa hanya dengan meletakkan gundukan bantal di bawah bahu.

BEROLAHRAGA SECARA TERATUR

Olahraga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit punggung selama kehamilan. Karena dapat memperkuat otot, sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan juga meningkatkan kualitas tidur selama masa kehamilan.

MEREGANGKAN KAKI

Rasanya semua ibu hamil sering merasakan kram pada kaki. Meski tidak diketahui pasti apa penyebabnya, tapi hal ini menyakitkan. Untuk membantu menurunkan kemungkinan kram, pastikan kamu terhidrasi dengan baik dan jangan lupa untuk meregangkan betis dan kaki sebelum tidur.

Selanjutnya: penting untuk ibu yang memiliki anak, ternyata menyanyikan lagu sebelum anak tidur memiliki efek yang luar biasa. Patut dicoba!