6 Solusi Alami untuk Ketiak Kehitaman

6 Solusi Alami untuk Ketiak Kehitaman
ISTOCK

Untuk kali ini, hitam tidak membuatmu elegan.

Belum lagi selesai masalah jerawat, perhatian sudah harus terbagi dengan ketiak yang warnanya kusam, kehitaman; seperti pantat panci yang tidak pernah dicuci. Padahal, saat dicium, wangi kok! Ada yang frustasi, malu, tapi ada juga yang cuek saja. Mungkin karena tahu bahwa ketiak kehitaman terjadi bukan karena suatu penyakit atau signal tidak sehat? Entahlah. Yang pasti, ketiak hitam dapat dianggap sebagai respons kulit terhadap paparan elemen tertentu. Sama seperti kita berjemur di pantai, kulit kita akan berubah menjadi cokelat karena terkena sinar matahari.

Ada beberapa hal yang dijadikan penyebab dari ketiak hitam ini: bercukur, penggunaan krim wax secara setiap hari, keringat berlebih, udara di sekitar ketiak yang buruk, serta penggunaan deodoran yang mengandung banyak alkohol dan anti-perspiran. 

Sebenarnya memang tidak perlu khawatir, ketiak hitam yang menyebalkan ini bisa diatasi dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Mau tahu apa saja? WOOP berbagi karena kita memang orang baik! 

KENTANG

Selain baik untuk diet, kentang juga bisa membantu menghilangkan warna hitam di ketiak. Kentang memiliki sifat pemutih yang alami, melembabkan, dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Ambil irisan kentang dan gosok/pijit pada bagian ketiak selama 5-7 menit. Lakukan 2-3 kali seminggu.

TIMUN

Sama seperti kentang, timun juga memiliki sifat pemutih alami yang bisa menyingkirkan ketiak hitam. Caranya, gosokkan irisan timun pada ketiakmu; lakukan dua kali sehari. Pilihan lainnya adalah mengekstrak jus dari timun dan campurkan dengan sedikit bubuk kunyit dan air lemon. Cara ini akan memutihkan kulit ketiak yang hitam, dan secara bersamaan tetap menjaga kelembaban kulit.

LEMON

Selain sebagai pemutih alam, lemon juga berfungsi sebagai anti-bakterial dan anti-septik yang baik. Inilah sebabnya lemon dapat digunakan dalam perawatan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kulit, termasuk masalah ketiak hitam. Oleskan air perasan lemon ke bagian ketiak, diamkan sekitar 10 menit. Atau, bisa pula menambahkan yogurt, kunyit bubuk, dan madu ke dalam perasan. Namun, lemon bisa mengeringkan kulit setelah digunakan, sehingga ingat untuk mengoleskan pelembab setelahnya.

BAKING SODA