7 Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres

7 Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres
SHUTTERSTOCK

Kamu sedang stres? Yuk, coba hilangkan dengan berolahraga! Woop punya rekomendasi olahraga yang pas untukmu nih!

Semua hal yang terjadi di dalam hidup ini terkadang bisa dengan mudah membuat kita stres. Namun sebenarnya banyak cara untuk menghilangkan rasa stres yang menghampirimu. 

Salah satunya dengan cara berolahraga. Hormon yang dilepaskan saat melakukan aktivitas fisik bisa membuat kita merasa lebih tenang. Wah! Lebih dari itu lagi, beberapa olahraga tertentu bisa memberikan efek relaksasi tambah yang membuat pikiran menjadi lebih tenang. Mau tahu olahraga apa saja yang bisa mengurangi stres? Let’s check below!

  • Yoga

img

Tidak hanya menyehatkan tubuh, yoga juga dinilai bisa membuat pikiran lebih tenang. Saat melakukan gerakan yoga, pikiran kita dituntut untuk lebih fokus. Ditambah lagi dengan pengaturan napas dalam setiap gerakan. Sehingga hal ini akan membuatmu menjadi lebih tenang. 

Selain itu, yoga juga melatih respons melawan stres yang disebut sistem saraf parasimpatis. Dengan latihan yoga teratur, kadar hormon stres akan turun dan variabilitas detak jantung meningkat. Pada saat berada dalam kondisi tertekan, kamu bisa lebih mentolerir stres.

  • Jalan Santai

img

Ternya dengan berjalan-jalan bisa membuat otakmu menjadi lebih tenang. Bahkan jika kamu memilih berjalan melewati ruang terbuka hijau, maka akan menempatkan otak dalam kondisi bermeditasi. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk berjalan ke luar ruangan selama 20 sampai 30 menit beberapa kali dalam seminggu untuk mengurangi stres dan juga untuk meningkatkan daya ingat serta fokus. 

Lakukan jalan santai bisa bersama dengan teman, kerabat, dan hewan peliharaan. Dukungan sosial dari teman, keluarga dan anggota masyarakat telah terbukti meningkatkan ketahanan stres dan menurunkan kadar hormon stres kortisol. Kontak fisik dengan orang terdekat atau hewan kesayangan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol lho. 

  • Tai Chi

img

Salah satu olahraga bela diri asal Cina ini memang dikenal melibatkan gerakan lambat dan menggunakan napas dalam. Dengan menggabungkan keduannya, maka akan memberikan efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati. Itulah alasan mengapa olahraga ini bisa membantumu mengurangi stres, kecemasan dan bisa memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu saja sebagai bonusnya, latihan tai chi secara teratur juga bisa menurunkan berat badan. 

  • Renang