Benarkah Hobi Bisa Meningkatkan Kecerdasaan Otak?

Benarkah Hobi Bisa Meningkatkan Kecerdasaan Otak?
SHUTTERSTOCK
Benarkah Hobi Bisa Meningkatkan Kecerdasaan Otak?

Hanya dari hobi, kita bisa tahu tingkat kecerdasaan yang kita miliki. Apa hobimu?

Penasaran tidak tentang bagaimana kecerdasaan bisa didapatkan? Yep, banyak yang mengatakan bahwa semakin tinggi pendidikan yang kamu tempuh maka semakin banyak pula ilmu yang didapatkan. Tentunya, nilai dan peringkat di kelas adalah contoh bukti konkret untuk mengukur tingkat kecerdasaanmu dibilang akademik.

Jangan bersedih dulu buat kamu yang merasa tidak pernah mendapatkan peringkat di kelas, karena katanya kebiasaan dan hobi yang kamu tekuni sangat berpengaruh pada perkembangan otak sehingga memicu ketajaman berpikir dan kreativitas. 

  • Menari
7 Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres - 6
7 Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres - 6

Siapa yang hobi menari? Yep, bagi kamu yang memiliki hobi menari itu menjadi pilihan yang tepat untuk ditekuni. Gerekan yang rumit dan tak mudah untuk dihapalkan serta harus sesuai dengan tempo musik membuat otakmu ikut aktif dari awal hingga akhir. 

Kehilangan fokus sedikit saja bisa membuat gerakanmu berantakan. Berdasarkan penelitian, kegiatan ini juga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam mengambil keputusan sehari-hari lho.

  • Memasak
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Kata siapa menjadi seorang chef itu udah? Tidak sama sekali! Tentunya, orang yang gemar memasak harus memiliki cita rasa yang baik, harus bisa multitasking, mengukur bahan-bahan sesuai takaran yang pas dan berpikir kreatif.

Memasak untuk orang-orang terkasih seperti keluarga, pasangan dan sahabat bisa menstimulasi otakmu untuk berpikir secara efektif untuk menghasilkan sajian yang terbaik.

Baca: Cara Paling Ampuh Jaga Kesehatan Keluarga

  • Bermain Alat Musik
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Memainkan alat musik seperti piano atau gitar mampu menyeimbangkan kinerja antara otak kanan dan otak kiri. Kemampuan analisa dan kreativitas yang seimbang ini akan membantumu berpikir lebih tajam, seperti dapat menyelesaikan masalah, meningkatkan daya ingat, dan mengoptimalkan fungsi otak secara keseluruhan. Semakin dini seseorang belajar bermain musik, maka daya berpikirnya akan semakin terlatih.

  • Menulis
ISTOCK
ISTOCK

Semua orang bisa menulis. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Kebiasaan menulis jurnal atau catatan baik di blog maupun buku ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri. Kamu bisa menulis banyak hal seperti isu yang menarik perhatianmu akhir-akhir ini sampai perasaanmu tentang kejadian yang kamu alami hari ini. Menulis bisa kamu jadikan sebagai terapi untuk melatih kecerdasan emosional serta memicu rasa bahagia.

  • Menonton Film Dokumenter
ISTOCK
ISTOCK

Apa genre film favoritmu? Drama romantic, horror, atau komedi? Eits, dari semua genre film yang kamu tahu ternyata menonton film documenter bisa meningkatkan kecerdasaan otakmu lho. 

Melalui film ini, kamu bisa banyak belajar tentang kehidupan sosial, kebudayaan, dan hal-hal unik yang mungkin sebelumnya tidak kamu ketahui. Kamu pun akan membuka matamu dan melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang.

Selanjutnya: Bingung mau makan siang apa? Cobain yuk restoran burger terenak di Jakarta.